Apa Manfaat Nanas Untuk Kolesterol Dan Asam Urat Tinggi?



Buah nanas mengandung enzim Bromelain yang terbukti bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi.

Bromelain merupakan enzim dalam buah yang bersifat anti-inflamasi atau anti-peradangan sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat yang berhubungan dengan peradangan di persendian.

Berkat kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, manfaat nanas untuk kolesterol dapat membantu pencernaan protein dan mencegah kelebihan lemak yang akan menyumbat pembuluh darah.

Penyumbatan pembuluh darah akibat lemak kolesterol akan menyebabkan serangan jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Nanas merupakan jenis buah tropis yang berasal dari Paraguay dan Brazil. Satu buah segar mengandung 10% gula, dimana setengahnya adalah sukrosa dan sisanya glukosa dan fruktosa.

Buah yang berwarna kuning jika sudah masak ini mengandung substansi yang kaya manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kekuatan tulang, menyehatkan sistem pencernaan, memperbaiki daya tahan tubuh, membunuh sel kanker, menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi.

Dengan citarasa asam manis yang menyegarkan, nanas bisa diolah menjadi jus buah, salad atau dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut.

Nanas kaya akan vitamin C, enzim bromelain, dan zat antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan terbentuknya plak di pembuluh darah yang dapat mengakibatkan atherosclerosis maupun penyakit jantung.


Manfaat Nanas Untuk Menurunkan Kolesterol Dan Asam Urat

Buah nanas banyak mengandung vitamin dan mineral termasuk vitamin A, vitamin C, mangan, kalsium, fosfor, kalium dan serat.

Satu cangkir potongan nanas mengandung 131% dari nilai harian vitamin C yang direkomendasikan dan sekitar 7 - 9% dari kebutuhan harian B1, B6 dan folat.

Nanas bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi berkat enzim bromelain yang memiliki asam sitrat dan asam malat.

Kedua jenis asam tersebut berguna untuk menghancurkan lemak kolesterol dan membuangnya melalui pembuluh darah.

Karena khasiatnya yang mampu membuang kelebihan lemak dalam tubuh, maka buah nanas sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Tanda-tanda seseorang mengalami kelebihan asam urat atau kadar asam urat tinggi adalah rasa nyeri di persendian akibat radang sendi.

Bromelain merupakan kelompok sulfur yang mengandung enzim proteolitik. Fungsinya untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, mencegah asam labung naik, dan menghambat perkembangan sel kanker.

Nanas bermanfaat untuk penyakit asam urat berkat sifat anti-inflamasi enzim bromelain yang mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri di persendian akibat peradangan.

Tidak hanya itu, kandungan trace mineral berupa Mangan dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan merawat sel-sel kulit sehingga kulit tetap kenyal, halus, dan awet muda.

Untuk memperoleh nutrisi, vitamin, dan mineral dalam nanas secara optimal sehingga kadar asam urat dan kolesterol tinggi cepat turun, kami sangat merekomendasikan untuk mengolahnya menjadi jus buah.


Cara Mengolah Buah Nanas Untuk Kolesterol Dan Asam Urat

Agar kadar kolesterol maupun asam urat bisa turun dengan cepat, nanas sebaiknya diolah menjadi minuman jus buah dengan campuran buah jambu biji.

Jambu biji mengandung serat larut air yang disebut Pektin, fungsinya untuk mengikat kolesterol, asam empedu, dan asam urat kemudian membantu pengeluarannya melalui usus besar.

Selain serat pektin, manfaat jus jambu biji untuk kesehatan berasal dari kandungan vitamin C yang tergolong tinggi yaitu tiga kali lipat buah jeruk dan dua kali buah pepaya.


4.5 from 12 reviews

Jus Nanas Campur Jambu Biji


 


Waktu penyajian
Total waktu
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 146 kkal

Bahan-bahan :
  • 75 gram nanas
  • 75 gram jambu biji
  • 1/2 gelas air dingin
  • 1 sdm sirup gula
Cara membuat jus nanas jambu biji :
  1. Cuci buah jambu secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  2. Kemudian potong-potong dan buang bijinya, masukkan ke dalam blender bersama air dingin. Haluskan.
  3. Masukkan nanas yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Tambahkan sirup gula sebagai pemanis.
  4. Blender sekali lagi sampai halus dan tercampur rata.
  5. Sajikan segera dengan es batu atau simpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi.
Catatan :
Manfaat buah nanas untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi berasal dari enzim bromelain. Jus nanas campur jambu biji terbukti ampuh turunkan kolesterol dan asam urat
Disqus Comments