Manfaat Minum Air Lemon Hangat Di Pagi Hari Yang Luar Biasa



Minuman apa yang memiliki manfaat membuat wajah sehat bercahaya, menjaga pencernaan, bersifat antikanker, detoksifikasi dan membantu menurunkan berat badan? Yap! Ini adalah air lemon yang anda minum di pagi hari.

Manfaat air lemon hangat bagi kesehatan bisa dirasakan setelah meminumnya secara teratur selama beberapa hari.

Cara membuatnya juga sangat mudah!

Campurkan lemon juice dengan air hangat kemudian tambahkan madu, gula atau kayu manis secukupnya.

Lemon atau jeruk asam kaya akan kandungan nutrisi dan zat berkhasiat - tidak hanya vitamin C.

Ada antioksidan, antikanker, zat asam, beragam jenis mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Minum air lemon di pagi hari sebelum beraktivitas merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa di dalamnya.

Semua jenis jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang berlimpah, mengandung 200 senyawa berbeda yang diantaranya 60 jenis polyphenols (flavanones), beberapa molekul terpenes, dan vitamin P (hesperidin).

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi air lemon dengan turunnya resiko kanker hingga 40 - 50%, terutama jenis kanker saluran cerna seperti kanker mulut, esofagus, lambung, laring, dan faring.

Manfaat air lemon untuk antikanker diperoleh dari senyawa yang disebut phytochemical.


Begini cara membuat air lemon yang benar
Bahan utama untuk membuat air lemon adalah air perasan jeruk lemon yang disebut lemon juice.

Dalam pengolahannya, lemon juice bisa disajikan hangat maupun dingin. Dapat juga ditambahkan bahan variasi seperti madu, kayu manis atau pun air teh hijau yang kaya zat antioksidan dan terbukti baik untuk menurunkan berat badan.

Selain diminum di pagi hari, air lemon juga bisa diminum kapan pun baik di siang hari atau malam hari menjelang tidur.

  • Satu buah lemon ukuran sedang bisa memberikan 2 - 3 sendok makan air (lemon juice) setelah diperas. Sedangkan ukuran yang besar bisa mencapai 4 sendok makan lemon juice.
  • Untuk memeras air lemon dan mendapatkan lemon juice, anda bisa memakai cara manual dengan alat peras biasa atau dengan mesin seperti juicer dan juice extractor.

Dalam membuat air lemon hangat, kami menggunakan 1 - 4 buah lemon ukuran kecil sampai sedang. Kemudian dicampur dengan air hangat dan bahan tambahan lain sesuai resep.


Manfaat Air Lemon Hangat Jika Diminum Teratur Setiap Hari

  1. Sangat membantu sistem pencernaan
  2. Air perasan lemon memiliki kemiripan dengan cairan pencernaan yang ada di perut sehingga memicu hati untuk memproduksi cairan empedu. Ini sangat bermanfaat untuk mencerna makanan dan memperlancar peredaran zat-zat gizi dalam makanan.

    Asam yang ditemukan dalam lemon juice juga mendorong tubuh untuk mengolah makanan secara lebih lambat.

    Pengolahan secara lambat dan bertahap ini berguna menjaga insulin tetap stabil dan anda mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Juga mecegah terjadinya perut kembung.

  3. Berperan penting untuk detoksifikasi
  4. Manfaat air lemon untuk proses detoksifikasi berasal dari khaistnya untuk memaksimalkan fungsi enzim dalam tubuh, kemudian merangsang hati dalam menjalankan tugasnya yaitu membuang racun.

    Karena sifatnya yang diuretik, anda mungkin akan lebih sering pergi ke kamar mandi untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan racun melalui air kencing.

  5. Memberikan asupan vitamin C bagi tubuh
  6. Karena tubuh tidak memproduksi vitamin C dengan sendirinya, sangat penting untuk mendapatkannya dari luar yaitu bahan makanan yang anda makan.

    Dalam satu buah lemon rata-rata memiliki kandungan vitamin C sebesar 30.7 mg.

    Menurut data depkes.go.id angka kecukupan gizi vitamin C untuk perempuan adalah 75 mg dan 90 mg untuk laki-laki dewasa.

  7. Menjaga wajah tetap kenyal bercahaya
  8. Antioksidan yang ditemukan dalam air lemon yaitu vitamin C dan vitamin E mempunyai tugas ganda. Mereka melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sekaligus menjaga agar kulit wajah tetap segar bercahaya dan tidak kusam.

    Mendapatkan cukup vitamin C dari air lemon hangat juga membuat tubuh memproduksi kolagen, ini penting untuk mencegah munculnya garis-garis di wajah.

    Dan, dalam satu penelitian terbaru yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengkonsumsi vitamin C secara teratur menyebabkan kulit tampak lebih muda dan secara bertahap dapat menghilangkan kerutan di wajah.

  9. Membantu melunturkan lemak dan menurunkan berat badan
  10. Asam malat dan asam sitrat adalah dua jenis zat asam yang terkandung dalam jeruk lemon.

    Kedua jenis zat asam ini berfungsi untuk membantu menghancurkan lemak, mempercepat pembuangan lemak dan mengecilkan perut.

    Agar proses membuang timbunan lemak bisa berjalan optimal, minumlah air lemon dengan tambahan teh hijau, nanas, apel dan bahan-bahan berkhasiat lain.

    Untuk mempermudah menjalankan diet dengan air lemon, anda bisa men download aplikasi android Jus Diet Seharian di Google Play

  11. Memperbaiki mood dan menambah energi
  12. Manfaat minum air lemon di pagi hari bisa menjadi pengganti kafein dalam kopi karena mampu memberikan energi dan rangsangan mood yang baik untuk memulai hari anda.

  13. Melawan munculnya sel-sel kanker berbahaya
  14. Adanya senyawa Limonin pada varietas buah jeruk termasuk lemon bermanfaat menghambat pembentukan senyawa karsinogen. Jangan lupakan juga antioksidan dalam air lemon yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab kanker.



Resep Air Lemon Hangat dan Variasinya

Lemon tea hangat

Bahan-bahan :
  • 2 buah lemon (50 g)
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Sejumput teh hijau
  • 100 cc air panas

Cara membuat lemon tea :
  • Seduh teh hijau dengan 100 cc air hangat, tutup dan biarkan 5 - 10 menit sampai airnya berubah warna.
  • Jika tidak ada teh hijau (green tea), anda bisa memakai teh tubruk, teh celup, teh melati atau jenis teh apapun.
  • Peras buah lemon dan campur dengan air teh sehingga menjadi lemon tea.
  • Untuk menambah cita rasa, tambahkan bubuk kayu manis, gula batu atau gula pasir biasa.
  • Sajikan selagi hangat.
  • Variasi air lemon hangat ini sangat baik untuk diet karena mengandung zat asam malat, asam sitrat, dan catechin polyphenol yang terbukti membantu proses pembakaran lemak lemak di perut, lengan, dan bagian tubuh lainnya.

Air lemon hangat campur jahe

Bahan-bahan :
  • 1 gelas air bersih
  • 2 - 4 buah lemon
  • 1 ruas ibu jari jahe

Cara membuat air lemon jahe :
  • Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe yang sudah di memarkan kemudian tunggu 5 menit.
  • Belah jeruk lemon kemudian peras airnya.
  • Siapkan gelas saji, tuangkan air jahe ke dalamnya.
  • Tambahkan air jeruk lemon, aduk-aduk perlahan.
  • Sajikan segera selagi hangat.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments