Khasiat Teh Daun Kelor Untuk Diabetes, Kanker Dan Untuk Mata Minus



Bagi seorang wanita, manfaat sayur kelor untuk ibu hamil tentu tidak asing lagi. Kandungan asam amino esensial di dalamnya sangat berguna bagi perkembangan bayi dalam kandungan sekaligus baik bagi kesehatan bunda sendiri.

Namun tahukah anda? Daun kelor bisa diolah menjadi minuman teh herbal?

Yap!! Khasiat teh daun kelor sebagai anti-diabetes, anti-kanker dan menjaga kesehatan mata sudah dibuktikan kebenarannya oleh banyak orang.

Hal ini berkat kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang berlimpah di dalamnya.

Cara membuat teh daun kelor juga terbilang mudah. Anda tinggal merebus segenggam daun kelor dengan 3 gelas air, kemudian tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas.

Sedangkan bagi anda yang kesulitan mencari pohon kelor, anda bisa dengan mudah membeli ekstrak daun kelor murni dalam bentuk kapsul atau pun teh celup.

Seperti halnya teh herbal dari daun-daunan lain, teh daun kelor dibuat dengan cara merebus daun yang masih segar atau pun yang sudah kering.

Baik daun kelor kering maupun yang masih segar memiliki beragam jenis nutrisi berkhasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Perbandingan nutrisi daun kelor dengan bahan makanan lain :
  • Vitamin C pada daun kelor 7 kali lipat dari buah jeruk
  • Kalsium jumlahnya 4 kali lipat susu
  • Vitamin A besarnya 4 kali lipat wortel
  • Zat besi jumlahnya ¾ kali lipat dari bayam
  • Potasium/ kalium jumlahnya 3 kali lipat dari buah pisang

Dengan jumlah nutrisi yang lebih besar dibandingkan bahan makanan lain, olahan herbal daun kelor dalam berbagai produk selalu laris dan banyak dicari pembeli.

Ada teh herbal, teh celup, ekstrak (serbuk), kapsul, dan bahkan sereal dari daun tanaman kelor ini.


Apa Saja Khasiat Teh Daun Kelor Untuk Kesehatan?

Cara paling mudah dan sederhana untuk mengkonsumsi daun kelor sebagai obat herbal adalah dengan mengolahnya menjadi minuman teh. Berikut manfaat kesehatan yang akan anda peroleh dengan meminum teh daun kelor :
  1. Menurunkan kadar gula darah
  2. Manfaat daun kelor untuk diabetes sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah oleh Jhunjhunwala College, Mumbai, India.

    Menurut penelitian tersebut, konsumsi olahan daun kelor berupa teh maupun ekstrak dalam bentuk kapsul dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

    Hal ini berkat khasiat yang setara dengan pemberian obat glibenclamide yang berfungsi meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas.

  3. Manfaat daun kelor untuk pengobatan kanker
  4. Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal Oncology Letters, ekstrak daun kelor yang larut dalam air berkhasiat mengobati berbagai jenis kanker seperti payudara, paru-paru, dan kulit.

    Teh daun kelor merupakan sumber antioksidan, protein, karotenoid, vitamin C, zat besi, potasium, dan nutrisi penting lainnya. Zat ini memiliki khasiat mencegah dan membunuh sel kanker, menangkal radikal bebas dan meredakan peradangan pada kanker berkat sifat anti-inflamasi.

    Daun tanaman kelor yang kaya manfaat kesehatan

  5. Manfaat teh daun kelor untuk ibu hamil
  6. Teh daun kelor kaya akan asam amono yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan bunda.

    Mulai dari pembentukan sistem saraf, pertumbuhan otot, pembentukan hemoglobin sampai hormon dan enzim.

    Selain diminum airnya, daun kelor yang sudah direbus juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena mampu meningkatkan produksi ASI sekaligus memperbaiki kualitas ASI.

  7. Khasiat teh daun kelor untuk mata minus
  8. Dalam 100 g daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan vitamin A pada wortel.

    Jadi jangan heran bila teh daun kelor memiliki kegunaan untuk merawat kesehatan mata dan meringankan penyakit mata minus.


Khasiat minum teh daun kelor lainnya adalah merawat kesehatan kulit berkat vitamin C yang bersinergi dengan mineral potasium, baik bagi kesehatan jantung, mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, menurunkan kadar asam urat tinggi, mencegah asam lambung naik, menurunkan panas demam, dan sebagai anti-kanker anti-virus maupun anti-bakteri.

4.5 from 5 reviews

Teh Daun Kelor


 

Waktu penyajian
Total waktu
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 78 kkal

Bahan-bahan :
  • 1 genggam daun kelor
  • 3 gelas air bersih
  • Madu sebagai pemanis
Cara membuat teh daun kelor :
  1. Cuci daun kelor secara menyeluruh, gunakan air dingin dan bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi yang dapat menyebabkan penyakit akibat makanan.
  2. Rebus daun kelor dengan 3 gelas air, tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas saja.
  3. Setelah tersisa 1 gelas air, diamkan sebentar sampai tidak terlalu panas.
  4. Tuang ke dalam gelas dengan disaring memakai saringan kopi atau saringan santan.
  5. Sajikan selagi hangat dengan madu atau gula batu sebagai pemanis.
  6. Aturan minum : 2 kali sehari.
Catatan :
Khasiat teh daun kelor terbukti mengatasi diabetes, menurunkan asam urat, baik bagi ibu hamil, menjaga kesehatan mata, merawat kulit dan sebagai anti-kanker

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments