Manfaat Daun Kemangi Untuk Pria Dan Wanita Plus Cara Mengolahnya



Tanaman kemangi mengandung minyak astiri yang memberikan aroma khas sehingga berguna untuk mencegah bau mulut maupun bau badan.

Manfaat daun kemangi bagi pria adalah mencegah kemandulan serta berkaitan erat dengan tingkat kejantanan seorang pria.

Sedangkan bagi seorang wanita, memakan daun kemangi bermanfaat mencegah keputihan berkat kandungan zat anti bakteri dan anti fungi (jamur) di dalamnya.

Cara mengolah daun kemangi agar memperoleh khasiat di dalamnya secara optimal adalah dengan membuat jus daun kemangi. Pengolahan dengan cara di blender akan memastikan zat gizi pada daun beraroma khas ini tidak berkurang sama sekali.

Alternatif lain dengan cara merebus daun kemangi sehingga diperoleh teh herbal yang tidak kalah manfaatnya.

Tumbuhan kemangi masuk ke dalam family Lamtaceae, merupakan tanaman semak semusim dengan tinggi 130 - 150 cm.

Batangnya berkayu, segi empat, beralur, bercabang, dan memiliki bulu berwarna hijau.

Daunnya tunggal dan berwarna hijau, bersilang, berbentuk bulat telur, ujungnya runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, dan pertulangan daun menyirip.

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Basil dan tersebar di seluruh Jawa dari dataran rendah hingga kurang lebih 600 m dpl, terutama di daerah-daerah dengan musim kemarau yang kuat.


Kandungan zat gizi dan zat non gizi daun kemangi

Komposisi kandungan zat non gizi pada 100 g daun kemangi adalah 86,89 mg total fenol, 1,89 mg quersetin, 0,74 mg apigenin, 2,47 mg kaemferol, 2,12 mg luteolin, 0,10 mg antosianin, 0,32 mg asam klorogenat, dan 2,03 mg asam kafeat, dan 0,16 mg asam ferulat.

Kandungan gizinya, daun kemangi banyak mengandung beta karoten, vitamin C dan mineral kalsium. Dalam 100 g daun kemangi mengandung 43 kkal, 3,39 protein, 1,29 lemak, 7,09 karbohidrat, 320 mg kalsium, 38 mg fosfor, 4,8 mg zat besi, 4500 beta karoten, 0,08 mg vitamin B1, 0,3 mg vitamin B2, 27 mg asam askorbat, dan 86,5% air.

Bagian yang dikonsumsi dari tanaman kemangi adalah daunnya.

Pada umumnya daun kemangi dikonsumsi dalam bentuk lalap atau sayuran urap dan pecel dan merupakan salah satu bahan dan bumbu untuk membuat pepes.

Untuk memperoleh semua nutrisi bermanfaat dalam daun kemangi, sebaiknya diolah menjadi minuman jus sehat dengan cara di blender.


Manfaat daun kemangi bagi pria

Jika dikonsumsi secara teratur, kemangi bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan pria berkat zat zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

Sedangkan kandungan zat arginin akan mencegah pria dewasa dari kemandulan dengan cara meningkatkan kualitas sperma.


Manfaat daun kemangi untuk wanita

Estrogen adalah hormon yang berperan penting dalam perkembangan sistem reproduksi wanita. Mulai dari pertumbuhan payudara dan pinggul, pengaturan siklus haid sampai menjaga elastisitas kulit.

Daun kemangi kaya akan senyawa anetol dan boron yang merangsang produksi hormon estrogen.

Tidak hanya itu saja manfaat daun kemangi bagi wanita, kandungan senyawa eugenol berkhasiat membunuh jamur penyebab keputihan.


Zat triptofan bisa menunda terjadinya menopause. Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan (akhir dari masa produktif).

Zat Stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi) sehingga kehamilan bisa terjadi tanpa kendala.

Kesimpulannya :
Manfaat daun kemangi bagi pria dan wanita adalah meningkatkan kesuburan suami dan mempercepat kehamilan sang istri. Konsumsi jus sehat dari daun kemangi sangat cocok bagi pasutri yang sedang menjalankan program hamil (promil) selain jus 3 diva yang sudah terkenal khasiatnya.


Manfaat daun kemangi bagi kesehatan secara umum

Mengkonsumsi daun kemangi berguna untuk mengatasi bau mulut, perut kembung, menurunkan gula darah, mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, radang lambung, melancarkan keluarnya air susu ibu (ASI), memiliki khasiat sebagai obat penurun panas hingga mengobati penyakit jantung dan ginjal.


Cara Menyimpan Kemangi Agar Tetap Segar

Gambar oleh Emily Han


Kemangi termasuk tanaman yang mudah layu setelah dipetik, bahkan daunnya bisa berubah hitam jika dibiarkan beberapa hari. Untuk menjaga kesegaran daun kemangi, anda bisa mencoba cara sederhana ini :
  1. Siapkan gelas, guci atau pot bunga, kemudian isi dengan air sampai hampir penuh.
  2. Rapikan batang kemangi, lalu masukkan ke dalam wadah yang sudah diisi air.
  3. Tutupi dengan kantong plastik dan biarkan di atas meja.
  4. Dengan cara ini, kesegaran kemangi bisa bertahan selama 1 - 2 minggu jika anda rajin mengganti air dalam wadah.
Meskipun terlihat kurang menarik dan kurang enak dipandang, namun cara ini lebih efektif dibandingkan menyimpan kemangi di lemari es.


Mengolah Daun Kemangi Dengan Cara Merebus

Rebus air hingga mendidih. Siapkan daun kemangi yang masih segar, potong-potong memanjang lalu masukkan ke dalam gelas / cangkir.

Tuangkan air mendidih ke dalamnya, kemudian tutup gelas atau cangkir tersebut. Diamkan selama 7 - 10 menit.

Ambil potongan daun kemangi dari dalam gelas, lalu tambahkan gula atau madu secukupnya sebagai pemanis. Manfaat rebusan daun kemangi untuk pria adalah memperbaiki tingkat kesuburan dan mencegah kemandulan.


Selain dapat diolah dengan cara direbus, daun kemangi juga bisa dibuat jus sehat, berikut cara membuat jus daun kemangi segar.


4.5 from 9 reviews

Jus Daun Kemangi


 

Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 58 kkal

Bahan-bahan :
  • 50 g daun kemangi
  • 1 sdm madu
  • 150 cc air putih
  • Es batu secukupnya
Cara membuat jus :
  1. Masukkan daun kemangi ke dalam blender.
  2. Tambahkan air, blender hingga halus.
  3. Tuang ke dalam gelas saji, tambahkan madu dan aduk rata.
  4. Sajikan jus daun kemangi selagi segar.
Catatan :
Jus kemangi kaya nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kejantanan pria dengan memperbaiki tingkat kesuburan serta mencegah kemandulan. Sedangkan bagi wanita, jus kemangi berkhasiat menjaga kesehatan organ reproduksi.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments