10 Daftar Buah Untuk Menguatkan Jantung Yang Lemah



Ada beberapa jenis buah yang terbukti baik untuk menguatkan jantung sehingga organ vital ini bisa bekerja maksimal.

Selain itu, kondisi jantung lemah juga bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan ringan sampai kematian.

Fungsinya yang sangat penting harus diimbangi dengan cara merawat dan menjaga agar tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal.

Lemah jantung adalah kondisi kesehatan dimana jantung tidak mampu memompa dan mengalirkan darah yang cukup ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab jantung lemah bisa berasal dari lahir atau genetik dan bisa juga karena faktor tekanan darah tinggi, organ yang sudah rusak serta penyakit lain yang mempengaruhi kesehatan jantung contohnya anemia.

Itulah mengapa kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan jantung. Selain dengan olahraga ringan misalnya berjalan kaki, memakan buah untuk menguatkan jantung bisa menjadi alternatif lain.

Jika anda pernah mendengar seseorang memiliki pantangan tidak boleh tidur terlentang, maka orang tersebut dapat dipastikan menderita penyakit jantung lemah.


Daftar Buah Untuk Menguatkan Jantung Lemah Secara Alami

  1. Apel
  2. Kandungan zat alami dalam buah apel yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah vitamin C, serat dan flavoid. Saat membeli apel, pilih yang kulitnya mengkilap tidak kusam dan hindari buah yang memiliki memar.

    Flavonoid meningkatkan kekuatan jantung dengan mengurangi adhesi trombosit pada arteri, menurunkan kolesterol serta mengistirahatkan dan melebarkan arteri.

  3. Aprikot
  4. Kandungan bermanfaat yaitu Vitamin A, C, E dan K, serat, karotenoid. Tips memilih aprikot : pilih yang masih segar, ukurannya gemuk dengan warna oranye atau kuning-oranye.

    Anda bisa menyimpan olahan buah ini di dalam lemari es selama 1 minggu tanpa mengurangi khasiatnya.

  5. Pisang
  6. Kandungan buah pisang yang berguna untuk menguatkan jantung yaitu Vitamin B6 dan C, serat, magnesium dan kalium. Bisa diolah dalam bentuk jus buah atau dimakan secara langsung.

    Kegunaan kalium dan magnesium dalam buah pisang adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  7. Buah berry
  8. Blueberry, blackberry, boysenberry, raspberry memiliki keunggulan kandungan Vitamin C, folat, serat, mangan serta kalium.

    Warna perak yang berkilau pada semua jenis berry menandakan kesegaran buah tersebut.

  9. Buah melon
  10. Manfaat untuk jantung yang didapat dari memakan melon adalah Vitamin A, B6, dan C, folat, potassium, serat.

    Anda bisa menyimpan buah melon yang sudah dipotong-potong selama 5 hari tanpa kehilangan manfaatnya.

  11. Buah jeruk
  12. Pilih kulit buah yang mengkilap serta bebas noda dan perhatikan lubang pusar jeruk, jika besar maka artinya sudah masak.

    Kandungan vitamin dan nutrisi buah jeruk yang bermanfaat untuk menguatkan jantung yaitu Vitamin A, B6, dan C, folat, potassium, serat.

  13. Jeruk bali
  14. Pilih buah jeruk bali dengan berat sesuai ukuran, jangan memilih yang ringan. Warna merah dan merah muda menandakan kandungan karotenoid lebih banyak dibandingkan putih.

    Kandungan kalsium, kalium dan magnesium membantu memperkuat jantung dengan menurunkan tekanan darah.

  15. Buah kiwi
  16. Vitamin E adalah antioksidan dalam buah kiwi berkhasiat mengurangi oksidasi kolesterol LDL sehingga jantung lebih sehat secara alami.

    Pilih kiwi yang memiliki tekstur lembut saat disentuh seperti buah persik matang.

  17. Pepaya
  18. Buah pepaya matang umumnya hanya bisa bertahan selama 2 hari dalam lemari es.

    Untuk mendapatkan khasiat Vitamin A, C, dan E, folat, magnesium, kalsium, serta kalium yang sempurna sebaiknya konsumsi secara teratur setiap pagi hari atau sertakan dalam salad buah atau jus buah kegemaran anda.

  19. Buah persik
  20. Cara mengupas buah persik bisa dilakukan dengan merendam dalam air panas selama 30 detik atau sampai kulitnya menjadi lunak.

    Manfaat kesehatan yang diperoleh dari mengkonsumsi persik adalah Vitamin C, E, dan K, serat dan kalium yang sudah terbukti mampu menguatkan jantung secara alami.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments