Tips Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami



Masalah keputihan pada wanita merupakan hal yang normal dan wajar dialami saat sebelum maupun sesudah menstruasi.

Namun, anda perlu waspada jika cairan yang dikeluarkan menyebabkan rasa gatal serta bau tidak sedap.

Cara menghilangkan keputihan secara alami dengan ramuan tradisional bisa anda coba tanpa menimbulkan efek samping.

Tentu dengan ramuan herbal tradisional yang sudah terbukti keampuhannya.

Yang perlu anda ketahui adalah ada dua jenis keputihan yang umum diderita wanita seperti anda. Keputihan Fisiologis dan Patologis dimana masing-masing memiliki ciri-ciri dan penyebab yang berbeda.

1. Keputihan Tidak Berbahaya
Disebut juga Fisiologis, merupakan gejala normal yang dialami sebagian besar wanita pada masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi.

Ciri-ciri keputihan fisiologis :
  • Cairan yang keluar berwarna bening atau krem
  • Cairan bersifat encer serta jumlahnya sedikit
  • Tidak menyebabkan gatal dan tidak berbau menyengat

2. Keputihan Yang Berbahaya
Disebut juga Patologis, keputihan jenis ini bisa digolongkan sebagai suatu penyakit karena bisa membahayakan daerah kewanitaan anda.

Ciri-ciri keputihan patologis :
  • Cairan bersifat kental dan berwarna kuning, hijau atau putih seperti susu
  • Jumlah cairan yang keluar sangat banyak dan menyebabkan bau tidak sedap
  • Karena jumlahnya banyak, biasanya meninggalkan bercak noda pada celana dalam wanita

Sebelum mengetahui cara menghilangkan keputihan dengan bahan herbal, perhatikan juga apa saja yang menyebabkan munculnya masalah ini.

Ingat! Daerah kewanitaan merupakan area yang sensitif dan perlu mendapat perhatian lebih. Rawatlah dengan benar seperti halnya merawat wajah cantik anda.


Inilah 3 Penyebab Utama Munculnya Keputihan Pada Wanita

  1. Kurang memperhatikan kebersihan daerah kewanitaan
  2. Anda tentu tau daerah kewanitaan merupakan area sensitif yang rawan akan kuman penyebab penyakit.

    Karena lokasinya yang lembab serta tertutup, jamur maupun bakteri patogen dapat berkembang dengan mudah yang kemudian menyebabkan masalah keputihan pada wanita.

  3. Keseimbangan hormon yang terganggu
  4. Stress yang anda alami akan mempengaruhi kinerja otak dan ketika terjadi gangguan kerja pada otak makan hormon-hormon dalam tubuh akan terpengaruh. Secara tidak langsung hal ini bisa memicu munculnya keputihan.

    Gunakan ramuan alami dari daun pandan wangi untuk menenangkan pikiran anda.

  5. Penggunaan obat secara terus menerus
  6. Konsumsi obat-obatan khususnya antibiotik dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan sistem imun menurun sehingga menyebabkan keputihan pada wanita.


Bahan herbal Untuk Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Daun sirih

Khasiat daun sirih untuk kecantikan maupun kesehatan wanita sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satu kegunaan daun sirih adalah sebagai penghilang bau badan. Selain itu, bisa menjaga daerah kewanitaan anda tetap bersih karena kandungan Zat eugenol, Zat antiseptik dan Zat antibakteri.

Rebus 10 lembar daun sirih kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan anda. Lakukan secara teratur agar bau tidak sedap akibat keputihan hilang secara alami.

Akar tanaman mawar


Tanaman mawar mempunyai manfaat beragam mulai dari bunganya yang bisa dipakai sebagai masker wajah sampai akar nya untuk mengobati keputihan.

Ambil akar tanaman mawar yang masih segar kemudian cuci dengan air bersih. Rebus secukupnya lalu minum secara teratur sebagai obat tradisional penyakit keputihan.

Akar rimpang bunga kana


Akar rimpang atau umbi akar dari tanaman bunga kana (bunga tasbih) dapat menjadi cara alami untuk mengobati keputihan. Sediakan rimpang kering tanaman kana kemudian ditim bersama beras ketan dan diminum airnya.

Kunyit


Kandungan antiseptik dan antibakteri alami dalam kunyit sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan secara alami.

Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam dan 1 potong gula aren. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Minum secara teratur 1 gelas sehari.

Daun kemangi


Tentu anda tidak asing lagi dengan tanaman kemangi yang sering dipakai sebagai lalapan segar. Tahukah anda, daun kemangi bisa mengatasi keputihan secara alami?

Kandungan senyawa anetol dan boron berfungsi merangsang hormon esterogen. Sedangkan senyawa eugenol pada daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol akan membantu mematangkan sel telur (ovulasi) dan zat seng akan mengurangi sekresi cairan pada daerah kewanitaan.

Mulai sekarang, jangan ragu mengkonsumsi daun kemangi untuk mencegah munculnya penyakit keputihan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments