Bagaimana Cara Agar Wajah Bebas Jerawat? Ini Jawaban Ahli

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sudah pasti mengganggu penampilan cantik atau ganteng anda. Meskipun terbilang sepele karena bukan penyakit berbahaya yang mematikan, bagi sebagian besar orang wajah bebas dari jerawat sangatlah penting. Sebabnya adalah rasa percaya diri yang bisa hilang jika benjolan kecil berwarna merah ini muncul di permukaan wajah.

Penampilan bukan hanya tentang pakaian yang bagus tetapi kulit yang bersih juga sangat menentukan. Mungkin anda bisa menutupi keriput dana noda hitam dengan make up spesial. Namun untuk masalah jerawat, anda bisa mengalami stres akibat kemunculannya yang tidak terduga. Mereka berwarna merah, jelek dan juga bisa menular dengan cepat.

supaya wajah tidak ada jerawat
Artikel ini adalah jawaban atas pertanyaan Tiara (halihalimah__@gmail.com) seorang pembaca setia www.akusehatku.com

Setujukah anda jika jerawat adalah mimpi buruk?
Saat melihat satu buah jerawat menghiasi muka, anda mulai berpikir tentang segala macam cara untuk menyingkirkan secepat mungkin. Namun cara menghilangkan jerawat tidak lah semudah yang anda pikirkan, atau anda belum tahu cara yang benar dan efektif.

Menurut ahli kecantikan, jerawat di wajah muncul akibat gaya hidup sehari-hari yang tidak sempat anda perhatikan.

Tidak sempat? Maksudnya?
Yap! Banyak dari kita yang kurang memperhatikan penyebab jerawat tumbuh subur dan tidak terkendali, bahkan setelah memakai obat khusus.

Melakukan perawatan kulit sederhana tanpa perlu produk-produk mahal bisa mencegah kemunculan si merah kecil ini. Berikut beberapa tips dari ahli yang bisa anda lakukan di rumah.


Cara Memiliki Wajah Bersih Dan Bebas Dari Jerawat

  1. Hindari stres berlebihan

    Benarkah? Bagaimana bisa? Faktanya saat tubuh memproduksi hormon stres, maka permasalahan muncul di lapisan kulit bagian bawah. Stres secara langsung menyebabkan jerawat melalui dua cara :

    • Lapisan folikel rambut halus di wajah akan mengental karena kelebihan hormon, kemudian terbentuklah butiran kecil berwarna putih dan hitam (seperti komedo). Dan jika bakteri terperangkap di dalam butiran tersebut, maka kemunculan jerawat tidak bisa dihindarkan.
    • Saat mengalami stres, tubuh akan mengalirkan darah dan oksigen ke daerah yang lebih membutuhkan. Akibatnya kulit wajah mengalami dehidrasi dan pori-pori kulit lebih rentan mengalami sumbatan. Jika pori-pori sudah tersumbat, maka kemungkinan memiliki wajah bebas jerawat sangat kecil.
    Oleh karena itulah, menghindari stres sangat penting kaitannya dengan mencegah jerawat.
  2. Jangan malas mencuci muka

    Pembersihan adalah salah satu langkah yang paling penting dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Bahkan jika anda sudah memiliki wajah bebas jerawat, mencuci muka dua kali sehari sangat lah penting karena membantu dalam menghilangkan kotoran, sisa make up, minyak dan sel kulit mati dari permukaan kulit.

    cuci muka

    Ingat! Lebih sedikit minyak dan kotoran juga berarti lebih sedikit jerawat.

    Pastikan untuk tidak memakai sabun badan. Selalu gunakan sabun khusus muka yang cocok dan sesuai jenis kulit apakah berminyak, kering atau kombinasi keduanya.
  3. Perhatikan juga rambut indah anda

    Cara agar wajah bebas jerawat selanjutnya adalah memberikan perhatian lebih kepada rambut di kepala. Jika anda termasuk orang yang malas keramas tentu sudah terbiasa dengan rambut yang berminyak. Hitam, berkilau namun lengket saat disentuh.

    Saat rambut berminyak menyentuh kulit, maka wajah pun akan ikut-ikutan berminyak. Entah di bagian kening, pipi, area hidung maupun bagian lain efeknya sama yaitu jerawat tumbuh.

    Mulai sekarang, jangan malas mencuci rambut dengan sampo. Jika memungkinkan jangan gunakan minyak rambut karena dapat menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.
  4. Pertimbangkan pola hidup sehat

    Konsumsi buah dan sayur secara teratur dan seimbang merupakan salah satu cara hidup sehat yang paling sederhana. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

    Misalkan saja sirsak yang banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk membantu pembentukan kolagen dan menjaga kulit tetap lembab berkat sifat water holder vitamin C.

    buah delima mencegah jerawat

    Atau buah delima yang mengandung fitokimia fitosterol untuk meningkatkan metabolisme sel kulit dan mencegah inflamasi (peradangan) dari dalam.
  5. Jauhkan wajah dari tangan jahil anda

    Tonjolan kecil berwarna merah tentu sangat menggoda untuk diusap, disentuh dan lama-lama tanpa disengaja dipencet.

    Tahukah anda? Menyentuh jerawat hanya akan memperparah kondisinya? Lalu bagaimana jika dipencet?

    Jika jerawat dipencet, maka akan menyebarkan bakteri, menyebabkan infeksi dan memunculkan lebih banyak jerawat. Bukannya hilang malah bertambah banyak. Belum lagi masalah lain sesudahnya, seperti lubang bekas jerawat, noda atau bintik hitam dan lain sebagainya.
  6. Es batu untuk wajah bebas jerawat

    Suhu dingin pada es bermanfaat untuk menenangkan kulit, khususnya daerah yang mengalami peradangan sehingga jerawat tidak jadi muncul. Secara ilmiah mengoleskan es batu pada wajah akan menghapus minyak dan menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan.

    terapi es batu

    Tidak hanya itu, terapi sederhana ini juga berkhasiat mengurangi bengkak, iritasi maupun peradangan yang sedang dialami kulit.

    Agar hasilnya maksimal, pastikan menggunakan es batu yang masih baru dan bersih, jangan memakai es bekas jus atau minuman segar sejenisnya.
  7. Ragam bahan alami untuk melawan jerawat

    • Madu
      Penggunaan madu lebah untuk perawatan kulit terbilang mudah dan sederhana. Berkat kandungan antiseptik alami di dalamnya, anda bisa memiliki wajah tanpa jerawat. Selain itu, cairan yang kental dan berasa manis ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.
    • Baking soda
      Dikenal juga dengan nama soda kue, bahan yang umum tersedia di dapur ini juga memiliki khasiat bagi kulit wajah berkat kemampuannya menetralisir pH kulit,. Campuran baking soda dengan air jeruk nipis bisa menjadi masker wajah yang ampuh untuk mencegah jerawat muncul.
    • Jeruk nipis
      Seperti madu, jeruk nipis juga dipercaya berkhasiat mencegah jerawat muncul di wajah. Air perasan jeruk nipis mampu mengurangi minyak, membunuh bakteri, mengobati kemerahan, dan memudarkan luka bekas jerawat.
    • Lidah buaya
      Lidah buaya (Aloe Vera) adalah tanaman dengan kandungan anti-bakteri, anti-jamur, anti-septik, dan banyak sifat obat berguna lainnya. Tanaman ini dapat dengan ajaib mengobati dan mencegah jerawat karena mampu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit wajah. Lidah buaya merangsang pertumbuhan sel, dan membantu mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.
    • Belimbing wuluh
      Sama seperti jeruk nipis, vitamin C dalam belimbing wuluh berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Sebelum membuat masker belimbing wuluh, pastikan wajah anda bukan jenis kulit sensitif karena bisa mengakibatkan iritasi ringan.
  8. Pasta gigi untuk mengempeskan jerawat

    Untuk mengempeskan jerawat yang sudah muncul, anda bisa menggunakan pasta gigi (odol). Pilihlah pasta gigi yang berwarna putih, bukan merah, biru atau hijau bergaris-garis dan tidak berbentuk gel.

    pasta gigi mengempeskan jerawat

    Cara menggunakan : cuci wajah cantik anda dengan air hangat, bersihkan dengan cleanser kemudian keringkan.

    Hanya gunakan pasta gigi pada daerah yang berjerawat. Diamkan semalaman dan jerawat akan kempis keesokan harinya.
  9. Gunakan produk dermatologis

    Jika semua cara di atas tidak membuat wajah bebas jerawat, jangan ragu untuk mempertimbangkan produk dermatologis. Produk khusus untuk merawat kulit, mencegah atau mengobati jerawat sudah banyak beredar di pasar.

    Carilah yang paling sesuai dengan jenis kulit dan lakukan uji coba selama beberapa kali untuk melihat perkembangannya. Jika dengan produk khusus pun tidak mempan, maka jangan ragu untuk pergi ke dokter kulit agar mendapat penanganan medis profesional.
2016-05-14
Aku Sehatku, Updated at: 03:04

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :