Rahasia Menghilangkan Keriput Di Wajah Dengan Cara Alami

Kerutan di wajah sudah umum dialami wanita maupun pria pada usia 30 tahun ke atas. Bahkan seiring perkembangan zaman dan pola hidup yang semakin tidak karuan, usia muda sering juga mengalami masalah kulit ini. Bagian wajah yang sering muncul keriput diantaranya kening, bawah mata, dan sekitar area mulut.

Cara menghilangkan keriput pada wajah bisa dilakukan dengan metode alami yang sederhana. Mulai dari memperhatikan pola hidup sehari-hari, menghilangkan kebiasaan yang bisa memicu timbulnya masalah kulit serta pemakaian bahan-bahan alami seperti buah, sayur dan bumbu dapur sebagai masker muka tradisional.

atasi keriput pada wajah

Perawatan kulit memakai krim wajah khusus, serum kecantikan maupun konsumsi obat atau vitamin yang bertujuan memberikan nutrisi pada sel-sel kulit semakin lazim digunakan. Hal ini tentu tidak dilarang, asalkan produk-produk tersebut sudah melalui proses pemeriksaan badan POM. Tujuannya agar konsumen atau pembeli yaitu anda, mendapat jaminan keamanan dari negara.


Apa Saja Penyebab Munculnya Kerutan Di Wajah Cantik Anda?

Meskipun faktor bertambahnya usia merupakan pemicu utama yang tidak bisa dibantahkan, ada beberapa faktor yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Berikut diantaranya :

  • Merokok : kebiasaan buruk yang satu ini sudah jelas dapat mempercepat munculnya keriput di wajah seseorang. Kenapa demikian? Karena nikotin pada rokok menyebabkan proses pengaliran darah ke kulit menjadi terhambat. Akibatnya kulit wajah kekurangan nutrisi penting untuk regenerasi sel sehingga kerutan di bawah mata, kening dan sekitar mulut bisa muncul dengan cepat.
  • Faktor keturunan : pada orang tertentu, tanda-tanda penuaan muncul lebih awal karena warisan atau keturunan. Memang sulit untuk mengatasinya, namun perawatan kulit secara teratur dapat menutrisi sel kulit sehingga menghambat terbentuknya kerutan.
  • Radikal bebas : kerusakan kolagen akibat radikal bebas tentu sangat membahayakan kesehatan kulit anda. Apalagi jika paparan radikal bebas ini berlangsung terus-menerus, maka kulit akan mengalami kerusakan dan kekeringan.
  • Berat badan turun drastis : secara logika, saat kandungan lemak hilang secara tiba-tiba maka kulit akan mengalami kondisi yang tidak menguntungkan yaitu kendur dan kusam
  • Paparan sinar matahari : sinar ultraviolet A dapat dengan mudah menembus lapisan kolagen kulit. Ketika kolagen rusak, maka kulit akan kehilangan pelindungnya. Usahakan menggunakan lotion atau tabir surya jika anda sering berlama-lama beraktifitas di luar ruangan.
  • Asupan nutrisi yang kurang : konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E dan zat besi sangat membantu memelihara kesehatan kulit dari dalam. Buah dan sayuran merupakan bahan makanan dengan kandungan vitamin dan mineral paling lengkap untuk kulit.


Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Garis-Garis Halus Dan Kerutan Muncul

Perhatikan pola hidup anda
Menjalankan gaya hidup sehat sangat direkomendasikan oleh ahli kesahatan. Tidak hanya baik untuk menjaga kulit tetap cerah dan kenyal, tetapi juga berguna untuk menghindarkan anda dari berbagai macam gangguan kesehatan.

kurang waktu tidur

Contoh sederhana dari gaya hidup sehat adalah : berhenti merokok, waktu tidur yang cukup, sebisa mungkin hindari stres dan perbanyak tertawa.

Gunakan tabir surya
Sinar matahari merupakan penyebab nomor satu keriput muncul di wajah. Penggunaan krim tabir surya juga dapat mencegah penyakit kulit berbahaya seperti kanker kulit.

Pastikan memakai tabir surya yang cocok atau sesuai dengan jenis kulit anda setiap kali melakukan perjalanan atau beraktifitas saat kondisi cuaca terik.

Jangan mencuci muka terlalu sering
Menurut dokter kulit, mencuci muka terlalu sering akan menghapus kelembaban alami dan minyak yang melindungi kulit dari masalah kerutan.

Krim wajah untuk menghilangkan keriput
Pilihlah krim wajah yang mengandung Asam Alpha-hydroxy (AHA), Retinoid, dan Vitamin C untuk mencegah dan menghilangkan kerutan.

AHA berguna untuk membantu produksi kolagen, mengurangi garis-garis halus dan mengangkat sel kulit mati. Retinoid (termasuk Retin A) adalah bentuk alami dari vitamin A yang digunakan untuk mengatasi masalah keriput. Vitamin C melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV A dan UV B, mengatasi masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Perbanyak konsumsi makanan ini
Ikan salmon kaya protein dan omega-3 yang berkhasiat menyehatkan kulit dari dalam. Suplemen dari kacang kedelai berguna untuk memperbaiki struktur dan kekuatan kulit. Kakao atau cokelat hitam akan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, meningkatkan regenerasi sel-sel kulit, dan membuat kulit terlihat lebih lembut. Buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan yang mengurangi efek radikal bebas, membuat kulit selalu segar dan berseri-seri.


Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Memakai Bahan Alami

Masker Madu
Bukan rahasia lagi jika madu mempunyai segudang manfaat bagi kecantikan. Hal ini tidak lepas dari kandungan mineral alami yang ada di dalamnya yang mampu memberikan asupan nutrisi penting bagi kesehatan kulit termasuk menghilangkan garis-garis halus tanda penuaan.

masker madu untuk keriput

Cara menggunakannya terbilang mudah : cuci wajah cantik anda memakai air bersih, kemudian tuangkan madu ke dalam sendok secukupnya. Panasi sendok selama beberapa saat. Setelah hangat, oleskan pada area bawah mata, kening dan area lain yang anda inginkan.

Diamkan selama beberapa jam agar nutrisi madu bisa diserap maksimal. Bilas memakai air dingin dan lakukan secara teratur setiap hari.

Campuran Minyak Zaitun dan Lemon
buah lemon
Minyak zaitun dapat membantu memberikan kelembaban alami pada kulit. Kaya vitamin C, D, E, antioksidan dan zat besi yang berguna untuk meregenerasi sel kulit. Sementara lemon membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Pemakaian masker dari campuran kedua bahan alami ini akan membantu mengurangi keriput pada wajah.

Pisang dan Mentimun
buah pisang
Pisang bisa menjadi krim anti-kerut yang murah dan aman digunakan untuk semua jenis kulit. Hancurkan satu buah pisang (bisa memakai blender) sampai menjadi bubur, kemudian aplikasikan ke seluruh area muka.

Sama halnya dengan pisang, sayur mentimun juga berguna untuk memudarkan keriput pada wajah. Manfaat lain dari penggunaan masker mentimun adalah menghaluskan dan menyegarkan kulit secara alami.

Minyak Kelapa Murni
Virgin coconut oil
Minyak kelapa yang murni (Virgin coconut oil) dapat mengobati kulit kering penyebab keriput muncul. Oleskan ke area wajah yang terdapat tanda-tanda penuaan berupa garis halus sembari memijat secara perlahan. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

Tomat dan Nanas
tomat merah
Tomat adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan keriput jika dicampur dengan madu. Anda bisa menghancurkan tomat secara manual atau diblender menjadi bubur kemudian tambahkan madu secukupnya.

Penggunaan nanas sedikit berbeda dari bahan-bahan lainnya. Anda bisa memotong buah nanas tipis-tipis, kemudian tempelkan di area mulut, kening dan bagian wajah lainnya yang terdapat kerutan halus. Setelah kering, bersihkan muka dengan air dingin.

Kulit buah semangka
kulit semangka
Kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih mempunyai manfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan menyamarkan garis halus tanda penuaan. Sebelum digosok-gosokan ke area muka, cuci terlebih dahulu memakai air mengalir.


Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan keriput pada wajah. Pemakaiannya bisa diselang-seling sesuai selera anda masing-masing. Khusus bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang, penggunaan krim anti-kerut, serum kecantikan maupun vitamin khusus bisa menjadi pilihan bijak jika menginginkan hasil cepat dan efisiensi waktu.
2016-04-29
Aku Sehatku, Updated at: 06:07

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :