Manfaat Rambut Jagung Untuk Diabetes, Ginjal, Hipertensi Serta Cara Mengolahnya

Pemanfaatan bahan-bahan sederhana sebagai olahan obat herbal tradisional nyatanya semakin mendapat perhatian dari masyarakat. Khasiat dan manfaat rambut jagung jika diolah atau diproses dengan benar terbukti dapat mengobati diabetes, merawat kesehatan ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara mengolah rambut jagung menjadi minuman sehat sebenarnya sangat sederhana dan tidak diperlukan peralatan khusus.

ragam khasiat rambut jagung

Pastinya anda sudah pernah mencicipi olahan jagung rebus maupun jagung bakar. Kedua sajian kuliner tersebut memang digemari masyarakat segala lapisan karena mudah cara memasaknya. Namun tidak semua orang mengetahui rahasia khasiat rambut jagung bagi kesehatan yang luar biasa hebat.

Alih-alih membuang rambut yang menempel pada jagung saat akan merebus atau membakarnya, lebih baik dikumpulkan untuk diolah menjadi minuman teh herbal yang bermanfaat sebagai obat diabetes, hipertensi dan ginjal.

Apa saja kandungan rambut jagung yang bermanfaat bagi kesehatan?
Bukti nyata banyaknya manfaat rambut jagung untuk diabetes, organ ginjal dan hipertensi bisa dilihat dari kandungan nutrisi, vitamin serta zat alami di dalamnya. Kandungan bermanfaat tersebut adalah protein, karbohidrat, mineral potasium, vitamin K, vitamin C, dan serat.

Teh rambut jagung juga bersifat diuretik sehingga melancarkan buang air kecil, membantu mengurangi peradangan dan menjaga keseimbangan kadar gula darah seseorang.

Penelitian terbaru yang dilakukan siswa SMU 1 Kudus menemukan fakta bahwa ekstrak rambut jagung dalam bentuk minuman teh berhasil menurunkan kadar glukosa dalam darah sampai 1,02 persen selama 30 menit pertama dan 3,22 persen setelah 1 jam.

Tahukah anda?
Pada tanggal 18 Desember 2015 bertempat di Desa Bangsri, Kab. Blora Jawa Tengah, MURI (Musium Rekor Indonesia) mencatat rekor 'Minum Teh Rambut Jagung Oleh Peserta Terbanyak' dengan nomor rekor 7261.
rekor muri minum teh terbanyak


Manfaat Rambut Jagung Untuk Obat Herbal Dan Cara Mengolahnya

  1. Berkhasiat untuk mengobati diabetes
    Diabetes (kencing manis) adalah salah satu jenis penyakit kronis yang sulit disembuhkan secara total. Sepanjang hidupnya, penderita diabetes harus menjaga kadar gula di dalam darah (glukosa) tidak melebihi batas aman.

    Manfaat rambut jagung untuk diabetes sudah melalui uji penelitian modern, salah satunya yang dilakukan oleh SMU 1 Kudus. Cara mengolahnya : siapkan 75 gram rambut jagung yang sudah kering, kemudian rebus dengan 2 ½ gelas air. Setelah air rebusan berubah warna kecoklatan, angkat. Minum air rebusan rambut jagung ini dua kali sehari pada pagi dan sore secara teratur.
  2. Bermanfaat menyembuhkan infeksi saluran kemih
    Meminum teh rambut jagung setiap pagi hari dipercaya mampu mencegah sekaligus mengobati infeksi pada saluran kemih. Berkat sifatnya yang anti-inflamasi, teh herbal ini dapat membantu mengurangi perasaan nyeri yang terkait dengan infeksi saluran kemih.

    Cara membuat teh rambut jagung sangatlah sederhana, cukup seduh dengan air panas secukupnya kemudian minum sampai habis saat air berubah warna.
  3. Manfaat rambut jagung untuk kesehatan ginjal
    Berkat sifat diuretik yang terkandung di dalamnya, ekstrak rambut jagung dalam bentuk minuman maupun kapsul bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Jika buang air kecil sudah lancar maka kerja organ ginjal untuk membuang purin berlebih bisa optimal.

    Jika proses pembuangan zat purin sudah optimal, maka anda akan terhindar dari ganasnya penyakit batu ginjal.
  4. Berguna untuk menurunkan hipertensi
    Hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang dapat memicu timbulnya stroke dan serangan jantung jika dibiarkan. Air rebusan rambut jagung berupa teh herbal memiliki kandungan mineral penting yang mampu menjaga dan mengontrol tekanan darah.

    Tekanan darah yang terkontrol sangat mempengaruhi kesehatan seseorang karena bisa mencegah timbulnya penyakit lain seperti diabetes.
  5. Khasiat dan manfaat rambut jagung lainnya
  6. Bermanfaat untuk mengatasi radang prostat, mengobati gagal jantung kongestif, kelelahan, nyeri encok, melancarkan aliran darah, menghentikan kebiasaan mengompol pada anak, melancarkan pencernaan, bersifat antiseptik dan antibakteri.

5 from 8 reviews

Teh Herbal Rambut Jagung


 
Teh Herbal Rambut Jagung
Persiapan
Pengolahan
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 43 kkal

Bahan-bahan :
  • Segenggam rambut jagung kering
  • 1 gelas air panas
Cara membuat teh rambut jagung :
  1. Pilih rambut jagung yang sudah kering.
  2. Jika perlu keringkan dahulu di bawah sinar matahari.
  3. Seduh memakai air panas, diamkan sejenak.
  4. Setelah air berubah kecoklatan, sisihkan rambut jagung. Minum teh selagi hangat.
Catatan :
Agar supaya manfaat minum teh herbal dari rambut jagung bisa maksimal, minumlah secara teratur 2 - 3 kali seminggu.
2016-01-12
Aku Sehatku, Updated at: 06:39

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :