Rahasia Kesehatan Dibalik Tangan Seseorang

Memelihara kondisi kesehatan bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena memang manusia mahluk dinamis, artinya kondisi mental dan fisik selalu berubah. Ada cara sederhana untuk memeriksa kesehatan seseorang yaitu dengan melihat kondisi tangan. Metode ini terbilang lama dan sudah dilakukan selama berabad-abad lalu oleh tabib zaman dahulu.

rahasia kesehatan dibalik kondisi tangan

ilustrasi oleh kompas.com


  1. Tangan gemetar
    Kondisi tangan yang gemetar dengan sendiri menandakan tubuh terlalu banyak zat kafein. Zat ini tidak hanya terdapat pada kopi, tetapi juga terkandung pada obat asma dan obat anti-depresi.

    Jika sebelumnya anda tidak pernah mengkonsumsi obat-obatan tersebut dan intensitas gemetar (tremor) cukup sering, ada baiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi anda terkena penyakit parkinson.
  2. Kulit tangan mengelupas
    Salin kulit merupakan tanda kekurangan asupan vitamin B. Perbanyak konsumsi bahan makanan dengan kandungan vitamin B kompleks tinggi seperti kacang-kacangan, ikan tuna, buah alpukat, dan berbagai jenis jamur.
  3. Kuku rapuh kemudian patah
    Kondisi kuku tangan yang rapuh dan mudah patah menandakan kekurangan mineral zinc. Fungsi mineral zinc adalah membantu proses peremajaan sel kulit dan memelihara kuku tetap sehat. Bahan makanan sumber zinc adalah sayur bayam, bawang putih, kuning telur, biji-bijian, dan daging kambing serta sapi.
  4. Kulit kering dan gatal
    Jika kulit tangan terasa gatal dan kering, anda bisa memakai lotion yang mengandung vitamin A. Atau mengkonsumsi wortel dan tomat. Kondisi ini bisa menandakan anda terkena penyakit kulit seperti eksim. Rajin membersihkan badan akan mencegah terkena eksim.
  5. Muncul bintik-bintik coklat
    Penyebabnya adalah paparan sinar ultraviolet yang diserap oleh kulit. Gunakan lotion dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) agar kulit terlindungi dari efek buruk sinar matahari.
  6. Ujung jari membiru
    Ujung jari atau pun kuku yang berubah warna dari putih ke biru atau merah bisa menandakan gejala sindrom Raynaud. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa dingin di jari tangan, rasa nyeri, baal, dan kesemutan.

    Pemicu sindrom Raynaud ini adalah terjadi kejang pada aliran darah sehingga sirkulasi darah terganggu. Lakukan pengobatan sederhana dengan menggerakan jari jemari anda.

Dari kondisi tangan seseorang ternyata bisa dilihat adanya gangguan kesehatan mulai dari kurang asupan vitamin, mineral dan bahkan pertanda adanya penyakit.
2015-03-03
Aku Sehatku, Updated at: 18:28

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :