Bagaimana Cara Olahraga Pagi Yang Benar?

Banyak orang tahu manfaat olah raga pagi bagi kesehatan, namun lebih banyak orang yang tidak tahu cara berolahraga di pagi hari secara benar. Akibatnya, seharian penuh badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik menurun. Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya badan sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat. Ini merupakan fakta, bukan mitos yang mengada-ada.

cara berolahraga di pagi hari

Rajin olahraga ringan di pagi hari baik untuk kondisi tubuh


Selain kesehatan terjaga, manfaat melakukan olah raga pagi adalah terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, demam, atau pun batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan.

Semua kebaikan olahraga tersebut tentu bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk anda. Asalkan anda tahu teknik yang tepat seperti persiapan, pemilihan waktu, dan jenis olahraga yang cocok untuk anda.

Sangat penting memilih jenis olahraga yang cocok untuk anda, karena setiap orang memiliki kondisi serta kemampuan fisik berbeda. Jadi, jangan disamaratakan.


Perlunya Konsumsi Makanan Sebelum Olahraga Pagi

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah pisang. Kenapa buah pisang? Hal ini dikarenakan pisang dapat dicerna secara cepat untuk kemudian diolah menjadi energi. Satu buah pisang menyediakan magnesium, karbohidrat, serta kalium yang bermanfaat bagi anda.

Apabila anda berencana melakukan kegiatan olahraga yang memakan waktu lama, sebaiknya menyempatkan waktu untuk sarapan. Jika memungkinkan, pilihlah Oatmeal karena kandungan karbohidrat dan protein yang terbilang tinggi. Hindari makan makanan yang banyak mengandung serat dan lemak.


Begini Cara Berolahraga Pagi Yang Tepat Dan Benar

  1. Awali dengan minum air
    Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat berolahraga. Bahkan, akan lebih baik jika anda rajin minum air putih setelah bangun tidur. Sebelum memulai olahraga, minumlah dua sampai tiga gelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) sekaligus menjaga daya konsetrasi otak saat berolahraga.
  2. Mulai dari jam 6 pagi
    Namanya saja olahraga pagi, tentunya harus dilakukan pagi-pagi bukan siang atau sore hari. Waktu terbaik untuk memulai yaitu sekitar jam 6 pagi. Kenapa demikian?

    Selain karena hawanya masih sejuk (tidak terlalu dingin atau panas), kondisi udara pada jam 6 akan menyehatkan organ paru-paru. Manfaatnya anda akan terhindar dari gangguan pernapasan.
  3. Lakukan pemanasan
    Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba anda bayangkan : setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya lari keliling komplek. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.

    Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit dengan gerakan sederhana seperti yang pernah diajarkan di sekolah.
  4. cara melakukan peregangan otot

    Gerakan pemanasan atau peregangan otot sederhana

  5. Lanjut ke joging ringan
    Setelah meregangkan otot melalui pemanasan, tahap selanjutnya adalah joging (lari-lari kecil) mengelilingi komplek atau cukup sekitar rumah saja.
  6. Berolahraga pagi sesuai hobi
    Tahukah anda, badan sehat hanya manfaat lain dari olahraga pagi? Sedangkan manfaat yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Tentu akan percuma jika anda melakukan olahraga tanpa perasaan suka cita.

    Oleh karena itulah, pilih jenis olahraga yang anda sukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekedar lari beberapa kali putaran.

Dari penjabaran di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa cara melakukan olahraga pagi yang tepat dan benar dimulai dari minum air putih sebelum berangkat pemanasan. Yang tidak kalah penting, pilihlah olahraga yang sesuai dengan hobi anda masing-masing agar supaya didapat manfaat komplit yaitu sehat jasmani dan rohani.
2015-02-27
Aku Sehatku, Updated at: 05:51

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :