Panduan Membuat Obat Sakit Mata Tradisional Paling Ampuh

Untuk mengobati mata merah, gatal-gatal, mata terasa sesak akibat debu atau kotoran dari luar menggunakan bahan alami, anda bisa mengandalkan beberapa resep tradisional berikut ini. Namun apabila penyakit yang anda derita termasuk kategori parah, misalnya tumor maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya. Atau untuk praktisnya bisa memakai obat tetes mata yang dijual di apotik terdekat.

daun melati untuk obat mata merah

Penggunaan cara tradisional untuk menyembuhkan sakit mata memang sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang dulu. Tentu hasilnya memuaskan dan tidak berbahaya bagi kesehatan mata. Apabila anda menderita mata minus, sebaiknya lihat pada artikel kesehatan berikut ini yang menekankan pada senam mata maupun konsumsi makanan baik buah dan sayuran yang terbukti ampuh untuk meningkatkan kinerja organ mata dalam melihat.

Perlu anda perhatikan, pengobatan berikut ini hanya berlaku untuk penyakit mata yang muncul akibat kotoran dan debu dari luar atau ditimbulkan karena virus (flu mata). Ramuan tradisional ini tidak cocok untuk penyakit ganas yang membutuhkan penanganan medis misalkan tumor serta katarak.


5 Cara Membuat Obat Sakit Mata Tradisional

Menggunakan daun sirih
sirih untuk obat mata
Siapkan beberapa lembar daun sirih tua yang masih segar, air dan garam dapur secukupnya. Cuci bersih lalu rebus bersama 1 gayung air kemudian masukkan garam sebesar 1 butir beras, biarkan sampai mendidih. Angkat lalu saring dengan kain bersih.

Cara menggunakan ramuan : pakailah air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci bola mata (bahasa jawa : dilembang). Lakukan teratur setiap bangun tidur.

Mengobati mata kering
Bahan-bahan :
  • 2 tangkai daun seledri
  • 2 tangkai bayam
  • 1 tangkai daun kemangi

Cara menggunakan :
  • Cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih, tumbuk sampai halus lalu seduh dengan air panas. Saring.
  • Minum air rebusan daun-daunan tersebut sampai mata tidak terasa kering lagi.

Menyembuhkan mata merah
Siapkan 1 genggam daun melati, pipis atau tumbuk sampai daun tersebut halus. Kemudian tempelkan pada dahi, bila sudah mengering ganti yang baru. Lakukan secara teratur hingga mata tidak berwarna merah.

Resep 4 (ramuan bali)
Siapkan 3 pucuk daun cemcem, masukkan ke dalam periuk berisi air. Panaskan sampai mendidih lalu biarkan dingin. Gunakan air rebusan pucuk kecemcem untuk mencuci muka/slulup mata. Lakukan minimal 3 kali sehari.

Resep 5
Bahan-bahan :
  • 3 buah guli inti induk kunir
  • 1 ½ sendok makan garam

Cara membuat dan memakainya :
Kunyah kedua bahan tersebut hingga lumat lalu semburkan pada mata. Lakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore atau malam hari.

2014-07-09
Aku Sehatku, Updated at: 21:01

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :