7 Manfaat Sehat Teh Melati Yang Belum Anda Ketahui

Teh melati merupakan jenis teh hijau yang dicampur dengan aroma bunga melati. Proses pencampuran ini bisa dilakukan berulang-ulang sampai didapat aroma harum sesuai keinginan. Semakin lama prosesnya, maka semakin harum aroma melati dalam teh tersebut. Dibalik bau harumnya yang khas, manfaat teh melati bagi kesehatan ternyata tidak sedikit. Berikut uraian selengkapnya.

manfaat minum teh melati

  1. Menghilangkan stres
    Efek menenangkan dari teh hijau yang dikombinasikan dengan aroma bunga melati sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres. Meminum olahan teh melati akan membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan. Hal ini juga dapat mengurangi gejala nyeri, sakit kepala dan nyeri otot. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa aroma melati dapat menurunkan detak jantung.
  2. Mencegah resiko terkena kanker
    Zat antioksidan dalam teh melati bermanfaat untuk membuang radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas terbukti memiliki hubungan erat dengan perkembangan sel kanker pada tubuh seseorang. Dengan mengurangi radikal bebas, meminum teh melati secara efektif menurunkan kemungkinan terkena kanker.
  3. Mengurangi tingkat kolesterol
    Jasmine tea sudah terbukti ampuh untuk mengurangi akumulasi kolesterol dan lemak tidak sehat dalam tubuh kita. Ini juga berhubungan dengan pencegahan pembentukan kolesterol jahat. Efeknya, anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.
  4. Menjaga berat tetap ideal
    Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi teh melati dan pengurangan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini dapat membantu seseorang dalam mencapai berat badan ideal melalui program diet cepat. Selain itu, teh melati membantu menjaga berat badan, jika disertai dengan diet yang tepat.
  5. Mencegah terkena flu dan pilek
    Seperti halnya teh hijau, sifat antivirus dan antibakteri pada teh melati sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena flu. Konsumsi jasmine tea saat tubuh terkena pilek juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan sakit tersebut.
  6. Mengatur sirkulasi darah
    Minum teh setiap hari bermanfaat bagi peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal demikian membantu mencegah beberapa kondisi seperti darah menggumpal, blok arteri, kerusakan otak, trombosis, tekanan darah tinggi serta stroke.
  7. Memperkecil resiko diabetes
    Kandungan alami dalam daun teh terbukti mampu mengatur kadar gula dan pembentukan insulin dalam tubuh. Teh melati juga berguna untuk mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.
2014-07-04
Aku Sehatku, Updated at: 13:10

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :