Dr. Oz : Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Secara Mudah

Menyadari fakta bahwa tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama akan sangat membantu dalam proses perawatan. Ada produk-produk kecantikan yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu, tujuannya adalah agar kondisi kulit bisa dijaga kesehatannya secara maksimal. Tentu saja akan sangat merugikan apabila anda menyamakan perawatan kulit berminyak dengan kulit kering. Kebutuhan nutrisi dan vitamin keduanya sudah jelas berbeda.

wanita cantik

Image courtesy of Witthaya Phonsawat / FreeDigitalPhotos.net


Keuntungan yang diperoleh bila anda mengetahui cara membedakan masing-masing jenis kulit yaitu perawatan wajah lebih maksimal. Selain itu, anda akan terhindar dari kesalahan memilih sabun wajah sampai kosmetik kecantikan.

Dr. Oz
Diambil dari www.sharecare.com menurut Mehmet Oz, MD atau lebih populer dengan nama Dr. Oz ada lima tipe kulit yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi serta sensitif. Kebanyakan orang memiliki kulit jenis kombinasi dimana ciri-cirinya : beberapa bagian wajah berminyak sementara bagian lainnya tidak. Contohnya area dahi, hidung, dan dagu mungkin berminyak, sedangkan bagian pipi tetap kering.

Sedangkan jenis kulit sensitif akan mudah terkena iritasi ditandai dengan gatal-gatal, munculnya bintik-bintik merah atau tanda lainnya. Bagi anda yang memiliki kulit jenis kering, mencuci muka satu kali sehari yaitu malam hari merupakan cara merawat wajah yang direkomendasikan oleh Dr. Mehmet Oz, MD.

Sedangkan menurut Michael Roizen, MD ada cara sederhana untuk mengetahui jenis kulit wajah seseorang. Pastinya metode ini lebih ampuh dibandingkan sekedar bercermin dan menebak-nebak tanpa melakukan ter khusus.

Berikut ini tes sederhana yang direkomendasikan beliau :
  1. Apakah kulit anda terlihat kusam atau mengelupas seperti bola salju?
  2. Apakah kulit anda terlihat seperti lantai kamar mandi yang mengkilap, bertekstur licin?
  3. Apakah kulit anda terasa gatal dan kencang seperti plastik penutup sosis?
  4. Apakah anda memiliki pori-pori yang membesar seperti kawah, atau pori-pori tersumbat, atau bahkan jerawat?
  5. Apakah kulit anda bereaksi terhadap kosmetik yang mengandung alkohol, sintetis, wewangian, dan pewarna buatan?
  6. Apakah kulit anda tampil konsisten tetap lembab, padat, dan berisi seperti kulit buah melon yang licin?
  7. Apakah kulit bagian dahi, hidung, atau dagu tampak berminyak seperti gorengan, sedangkan kulit di sekitar pipi, mata, dan mulut cenderung kering?

  • Jika Jawaban anda 1 atau 3, anda memiliki kulit KERING.
  • Jika Jawaban anda 2 atau 4, anda memiliki kulit BERMINYAK.
  • Jika Jawaban anda 5, anda memiliki kulit SENSITIF.
  • Jika Jawaban anda 6, anda memiliki kulit NORMAL.
  • Jika Jawaban anda 7, anda memiliki kulit KOMBINASI.

Lalu apa yang harus saya lakukan setelah mengetahui jenis kulit saya?
Mulailah dengan memilih produk perawatan wajah seperti sabun, make up dan sejenisnya sesuai jenis kulit anda. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk merawat serta menjaga kesehatan kulit secara maksimal sekaligus menghindari salah memilih produk yang tidak sesuai wajah cantik anda.
2014-05-24
Aku Sehatku, Updated at: 16:59

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :