Cara Mengatasi Insomnia Menggunakan Ramuan Alami

Meskipun bukan penyakit, susah tidur seringkali menjadi masalah tersendiri apalagi bagi anda yang harus beraktivitas di esok hari. Cara mengatasi insomnia secara alami menggunakan ramuan tradisional bisa diandalkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, sehat dan bugar. Tentu terlalu sering tidur larut malam tidak baik untuk kesehatan karena tubuh membutuhkan waktu istirahat cukup. Jika waktu tidur kurang maka akibatnya badan mudah terserang penyakit serta aktivitas harian akan terganggu.

tidak bisa tidur

Anda sedang mengalami masalah ini?


Pemakaian bahan-bahan tradisional untuk mengobati insomnia sudah terbukti manjur asalkan sesuai dosis dan takaran. Anda juga harus menghindari minum kopi beberapa jam sebelum waktu tidur. Hal ini untuk mengantisipasi efek buruk kafein yang bisa menyebabkan susah tidur.

Perhatikan kondisi kamar, pastikan anda rajin membersihkannya serta atur pencahayaan agar tidak terlalu terang. Jika memungkinkan, matikan lampu kamar sebelum memejamkan mata. Cara mengatasi susah tidur berikutnya adalah memperhatikan suhu ruangan. Umumnya kondisi udara dingin akan mempercepat seseorang tertidur dengan lelap.

Biasakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang dapat membuat tubuh merasa capek misalnya berjalan kaki atau olahraga lainnya. Tujuannya agar badan bisa cepat tidur akibat membutuhkan istirahat. Ini juga berguna untuk memperbaiki kualitas tidur sehingga saat terbangun tubuh kembali fresh, segar dan sehat.

Setelah memperhatikan beberapa faktor penyebab di atas, anda bisa membuat obat herbal untuk menghilangkan insomnia. Cara pembuatannya mudah, bahan-bahan tradisional yang digunakan juga bisa ditemukan di sekitar kita.


Berbagai Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

1. Memakai daun kopi muda
Sediakan segenggam daun kopi yang masih muda serta 2 gelas air bersih. Rebus sampai airnya mendidih. Minum air rebusan ini dua kali sehari untuk mengatasi insomnia berat.

2. Ramuan buah pala
Bahan-bahan :
buah pala
  • ½ biji buah pala
  • 1 gelas air hangat
  • Gula batu secukupnya

    Cara membuat dan menggunakan :
  • Biji pala ditumbuk atau diparut lalu diseduh dengan air hangat.
  • Saat akan diminum, tambahkan sedikit gula batu atau madu sebagai pemanis.
  • Aduk rata, minum obat herbal insomnia ini 2 kali sehari masing-masing satu gelas.

3. Menggunakan sayur kangkung
Sediakan seikat kangkung segar, cuci sampai bersih kemudian direbus. Makanlah kangkung rebus sebagai lalap. Lakukan metode ini setiap kali makan sampai tidak mengalami susah tidur.

sayur untuk atasi insomnia

Sayur kangkung rebus agar tidur nyenyak


4. Manfaat teh chamomile
Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang banyak, minum teh chamomile secara teratur setiap hari berkhasiat untuk mengatasi insomnia secara alami. Cara ini sangat cocok untuk anak yang mengalami susah tibur.

5. Ramuan daun teh oolong
Seduh daun teh oolong lalu ampasnya diambil dan dijemur sampai kering. Kumpulkan ampas tersebut sebanyak mungkin hingga dapat dijadikan bantal tidur. Gunakan bantal teh oolong ini setiap kali tidur agar terhindar dari masalah insomnia.
2014-05-12
Aku Sehatku, Updated at: 06:32

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :