Tips Sehatku : Kenapa Memilih Madu Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami?

Salah satu produk dari alam yang menyimpan berjuta kebaikan bagi kesehatan tubuh adalah madu. Jadi, bukan hal aneh jika madu sering digunakan dalam membuat ramuan herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung tanpa ditambah bahan-bahan lain untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, sebagian besar madu yang beredar di pasaran sudah diproses dan dicampur bahan lain seperti air, gula maupun sirup.

gambar madu mentah

Khasiat minum madu setiap hari


Padahal dengan meminum madu asli, anda akan memperoleh manfaat kesehatan yang sangat banyak berkat kandungan zat alami di dalamnya. Bahkan bagi anda yang rutin mengkonsumsi madu setiap hari, resiko terserang penyakit ganas seperti kanker akan berkurang drastis. Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri madu mentah yang belum diolah silahkan baca artikel ini.

Pemanfaatan madu untuk menjaga kesehatan sudah dilakukan selama ribuan tahun. Madu mentah mengandung serbuk sari, enzim, antioksidan dan banyak senyawa bermanfaat lainnya yang baru ditemukan. Senyawa ini sebagian besar hilang setelah diolah menjadi produk kemasan atau dicampur bahan lain. Yang harus anda perhatikan, semakin gelap warna madu murni maka semakin banyak gizi yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh, jika memungkinkan pilihlah yang masih mentah, asli atau murni agar kandungan alami di dalamnya bisa anda peroleh secara maksimal.

  1. Kandungan vitamin dan mineral
    Dalam 1 ons madu mengandung folat serta vitamin C, B2, B6, B5, dan B3. Sedangkan kandungan mineral di dalamnya adalah kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, natrium dan seng.
  2. Menyembuhkan alergi
    Penelitian terbaru menemukan fakta jika madu lokal yang ada di sekitar lingkungan anda dapat membantu membangun kekebalan tubuh terhadap alergi. Adanya sebuk sari dalam madu tersebut akan bertindak sebagai vaksin alami jika dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan.
  3. Melawan penyakit kanker
    Madu mentah yang masih murni mengandung zat anti-oksidan untuk mencegah munculnya penyakit kanker sementara madu olahan mengandung anti-oksidan yang lebih sedikit.
  4. Mengobati sakit diare
    Kandungan enzim yang berlimpah di dalam madu terbukti mampu menyehatkan sistem pencernaan sehingga dapat membantu menyembuhkan diare dan bisul.
  5. Merawat kesehatan kulit
    Madu memiliki sifat anti-mikroba, anti-inflamasi, sifat anti-jamur dan antiseptik. Hal ini sudah lama dimanfaatkan oleh dokter spesialis kulit untuk mengobati luka bakar dan berbagai kondisi kerusakan kulit lainnya termasuk menghilangkan bekas jerawat.
  6. Menyembuhkan batuk
    Madu juga berguna dalam mengobati infeksi saluran pernapasan atas. Penelitian telah menunjukkan bahwa dosis kecil madu mentah lebih efektif daripada pengobatan batuk memakai bahan alami lain. Pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan.
  7. Mengatur kadar gula darah
    Meskipun madu mengandung sedikit gula, hal ini tidak memberikan efek negatif bagi tubuh karena kandungan fruktosa dan glukosa madu berbeda dengan pemanis buatan. Selain itu, meminum madu juga berguna untuk membantu tubuh dalam mengatur gula darah.

Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami dalam berbagai masakan. Adanya asam glukonat di dalamnya berperan sebagai penambah rasa yang aman dan alami. Jadi, jangan ragu untuk menikmati manisnya madu agar kesehatan tubuh bisa terjaga dari dalam.
2014-03-26
Aku Sehatku, Updated at: 07:17

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :