Apa Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh?

Semangka merupakan salah satu buah paling populer dikalangan masyarakat indonesia. Rasanya segar, manis serta memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat berguna bagi tubuh. Anda bisa menjumpai buah semangka di pasar swalayan sampai penjual buah di pinggir jalan. Kandungan air berlimpah di dalamnya mampu menggugah selera siapapun yang melihatnya di siang hari saat cuaca panas terik.

buah semangka

Selain mengobati rasa haus dan mengatasi dehidrasi, manfaat buah semangka bagi kesehatan juga dapat menjauhkan anda dari berbagai penyakit ganas. Khasiatnya yang luar biasa sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Maka, sangat disayangkan jika anda yang suka memakan buah berwarna merah tua ini belum mengetahuinya.

Anda bisa mendapatkan khasiat dalam semangka dengan mengkonsumsi secara langsung atau dibuat olahan lain seperti jus buah, salad atau minuman kemasan. Karena sifatnya yang diuretic, buah semangka berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih. Sementara itu, anti-oksidan di dalamnya berkhasiat untuk mengobati asma dan menjauhkan anda dari penyakit kanker usus besar.


Inilah Daftar Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi radikal bebas pemicu penyakit
    Lycopene adalah zat anti-oksidan yang terkandung pada buah berwarna merah menyala ini. Fungsinya sangat penting dalam menetralisir radikal bebas dalam tubuh sehingga anda terhindar dari kolesterol jahat dan serangan jantung maupun stroke.
  2. Mengurangi resiko kanker prostat
    Masih berkaitan dengan lycopene. Menurut hasil penelitian ahli, buah semangka mengandung lycopene dengan konsentrasi lebih tinggi dibandingkan buah atau sayur lainnya. Resiko terkena kanker prostat akan menurun jika anda mengkonsumsi semangka secara teratur.
  3. jus semangka

    Image courtesy of Baitong333 / FreeDigitalPhotos.net

  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Semangka merupakan buah yang kaya akan citrulline, asam amino yang dapat diolah menjadi asam amino esensial yang berguna bagi kesehatan yaitu Arginin. Zat ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi amonia. Jika kadar amonia dalam darah berlebih maka dapat menyebabkan kelelahan, penyakit ginjal dan penyakit hati.
  5. Meningkatkan jumlah sperma pria dewasa
    Adanya kandungan likopen di dalam semangka berguna untuk meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki kualitas sperma serta mempercepat pergerakannya. Penelitian oleh ahli kesehatan dilakukan pada 30 pria tidak subur berusia 23 - 45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan jumlah sperma dan perbaikan struktur sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istri masing-masing.
  6. Menyembuhkan impotensi
    Ada juga zat berguna lainnya yang disebut sitrulin. Zat ini bekerja dengan meningkatkan produksi nitrat oxide, yang berperan pada kemampuan ereksi pria sehingga dapat menyembuhkan lemah syahwat.
  7. Menambah energi
    Manfaat buah semangka selanjutnya adalah meningkatkan energi tubuh secara alami. Kandungan elektrolit, natrium dan kalium berperan penting dalam mengganti cairan tubuh karena hilang terbawa keringat. Selain itu, semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi energi. Ahli makanan merekomendasikan buah ini sebagai sumber vitamin B6, B1 dan magnesium.
2014-03-19
Aku Sehatku, Updated at: 21:04

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :