5 Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Asam Urat Tinggi

Selain membeli produk obat herbal asam urat, anda juga bisa membuat sendiri ramuan tradisional untuk menyembuhkan penyakit ini. Memang dibutuhkan ketelatenan dan niat yang tidak main-main agar sakit yang anda derita bisa cepat sembuh. Selain itu, perhatikan pantangan yang harus dihindari pada masa penyembuhan agar ramuan yang anda buat manjur untuk menyembuhkan asam urat tinggi.

Pemilihan bahan-bahan tradisional juga harus diperhatikan baik-baik tidak boleh sembarangan. Jangan sampai nantinya malah menyebabkan gangguan kesehatan lain.

bahan tradisional obat

Image courtesy of Praisaeng / FreeDigitalPhotos.net


Asam urat adalah penyakit yang sangat populer dikalangan masyarakat indonesia. Gejalanya bisa dilihat dari sendi yang meradang, terasa ngilu, nyeri dan kesemutan. Umumnya, bagian tubuh yang terkena asam urat adalah lutut kaki, siku tangan serta area sendi di sekitarnya. Rasa nyeri dibagian tersebut terjadi secara berulang-ulang dan intensitas paling besar adalah pada waktu malam hari atau pagi hari setelah bangun tidur.

Sudah banyak obat tradisional untuk asam urat yang dikemas dalam sebuah produk herbal. Dari sisi medis, anda boleh mengkonsumsinya asal produk tersebut sudah dipercaya dan menghindari obat tradisional yang mengandung bahan kimia.


5 Ramuan Herbal Asam Urat Yang Manjur Dan Aman Dikonsumsi

  1. Daun gereges otot
    Tanaman ini dikenal juga dengan nama tikei balung, tropongan (jawa) bibitungan, tata-ropongan (sunda) sodlisoan (madura) rumput betung, sendep-sendep (sumatera). Umumnya ditemukan pada daerah tepi sungai dan rawa. Dengan ciri-ciri tanaman tumbuh tegak ke atas sekitar 1 meter.

    tanaman obat

    Cara membuat obat herbal asam urat : Siapkan segenggam daun greges otot, 15 gram daun sukun kering. Seduh kedua bahan tersebut dengan air panas. Tambahkan madu atau gula batu sebagai pemanis. Minum ramuan ini dua kali sehari selama sepuluh hari agar asam urat turun.
  2. Daun seledri
    Tumbuhan seledri dikategorikan sebagai sayuran dan umumnya tumbuh di daerah yang berhawa sejuk. Selain digunakan untuk pelengkap sup, daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal asam urat. Caranya : siapkan 30 - 40 lembar daun seledri, cuci sampai bersih kemudian rebus. Minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari sampai rasa nyeri pada persendian menghilang.
  3. Daun salam kering
    Tidak hanya berguna untuk menyedapkan masakan, khasiat daun ini juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk asam urat tinggi. Caranya : sediakan 10 lembar daun salam kering, rebus dengan 10 gelas air. Tunggu beberapa saat sampai air rebusan tersisa 7 gelas. Minum air rebusan daun salam setelah dingin secara teratur pagi dan sore hari.
  4. Daun sirih merah
    Di dalam daun ini terkandung zat alami yang berguna bagi tubuh diantaranya flavonoid, alkoloid, tanin dan saponin. Kegunaannya sudah lama terbukti manjur untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Cara membuat ramuan : sediakan daun sirih merah segar, bersihkan dengan air kemudian rebus beberapa saat sampai tersisa satu gelas. Minum ramuan herbal ini secara rutin setiap hari.
  5. Khasiat kulit manggis
    Anda bisa membuat jus buah manggis secara langsung untuk mencegah munculnya penyakit asam urat. Atau mengolah kulitnya sebagai ramuan tradisional yang ampuh dan manjur untuk mengobati penyakit tersebut. Caranya :

    • Siapkan kulit buah manggis yang masih segar
    • Kerok kulit dalamnya yang berwarna merah menyala lalu potong kecil-kecil
    • Masukkan ke dalam blender bersama air putih satu gelas
    • Proses sampai benar-benar halus, tuangkan ke wadah botol atau gelas
    • Tambahkan pemanis gula aren atau madu agar rasa pahit ramuan bisa berkurang

    Aturan pakai yang dianjurkan yaitu 3 kali sehari pagi, siang dan malam dengan masing-masing satu sendok makan.

Penggunaan obat herbal untuk menyembuhkan asam urat tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti aturan pakai. Selain itu, anda juga harus berhati-hati dengan produk herbal yang mengandung bahan kimia karena bisa membahayakan kesehatan di kemudian hari. Pilih produk yang terpercaya serta aman dikonsumsi.
2014-02-10
Aku Sehatku, Updated at: 13:01

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :