Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat?

Menjaga kesehatan jantung supaya sehat bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana. Artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk merawat organ tubuh satu ini. Tips agar jantung sehat dan dapat bekerja secara maksimal bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa pelatih atau perlengkapan khusus. Cukup perhatikan gaya hidup sehari-hari dan buang jauh-jauh kegiatan yang bisa merugikan kesehatan tubuh.

tips agar jantung sehat

Image courtesy of tungphoto / FreeDigitalPhotos.net


Data statistik mengatakan salah satu penyebab utama kematian di indonesia adalah penyakit jantung. Oleh karena itulah, anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung agar sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Apa Saja Penyebab Munculnya Penyakit Jantung?
  • Kebiasaan merokok
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Kelebihan berat badan dan diabetes
  • Malas berolahraga dan menggerakkan tubuh
  • Memiliki lemak darah dan kadar kolesterol tidak sehat
  • Pria berusia 55 tahun dan wanita 65 tahun memiliki resiko terserang penyakit jantung
  • Ada anggota keluarga yang memiliki riwayat serangan jantung pada usia muda : di bawah 55 untuk ayah atau saudara laki-laki, di bawah 65 untuk ibu atau saudara perempuan

Tahukah anda, tertawa berguna untuk melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung secara alami?

Mungkin bagi anda yang mempunyai uang dan waktu lebih, mengikuti latihan di pusat kebugaran bukan hal yang mustahil. Namun jika anda ingin memiliki jantung sehat tanpa mengeluarkan banyak uang, ikuti tips merawat kesehatan jantung berikut ini. Selain mudah, murah serta ampuh, ada banyak manfaat lain yang berguna bagi tubuh.


Tips Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Mulailah bergerak sebelum terlambat
    olahraga ringan
    Sudahkah anda menyusun resolusi sehat untuk tahun 2014? Jangan lupa memasukkan olahraga di dalam daftar resolusi anda. Pilih apa pun jenis olahraga yang anda sukai dan lakukan mulai hari ini juga agar jantung tetap sehat.

    Salah satu contoh mudah kegiatan bergerak sehari-hari yang menyehatkan jantung adalah berjalan kaki. Luangkan sedikit waktu berharga anda untuk berjalan kaki, berlari atau mengayuh sepeda secara rutin setiap 1 - 2 hari sekali.
  2. Menjauh sejauh mungkin dari rokok dan perokok
    bahaya rokok
    Semua orang waras di dunia ini tahu kalau merokok sangat merugikan kesehatan tubuh. Saya sendiri tidak yakin himbauan terbaru iklan rokok yang berbunyi "Peringatan: Rokok Membunuhmu!" akan serta merta menyadarkan seorang perokok untuk berhenti.

    Oleh karena itulah, cara menjaga kesehatan jantung yang paling tepat adalah menjauh sejauh mungkin karena asap rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok tapi juga merugikan orang di sekitarnya.
  3. Lakukan diet khusus untuk jantung sehat
    apel hijau
    Menjalankan program diet khusus bernama Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) merupakan langkah tepat. Diet jenis ini mengharuskan anda untuk memilih makanan rendah lemak, kolesterol dan garam. Tujuannya untuk merawat kesehatan jantung dengan mengontrol kadar kolesterol darah.

    Pilih produk susu rendah lemak dan kurangi konsumsi makanan seperti : daging merah, makanan cepat saji, gorengan, snack, produk roti, margarin dan kerupuk.
  4. Perbanyak minum air putih setiap hari
    minum air
    Berapa banyak air yang anda minum dalam satu hari? Delapan gelas air putih merupakan jumlah yang wajib namun jika anda ingin memiliki jantung yang sehat, minum lah 2 - 4 gelas air setelah bangun tidur.

    Kenapa pelu minum air setelah bangun tidur? Karena cara ini akan membangunkan organ-organ tubuh yang beristirahat saat anda tertidur termasuk organ jantung. Selain itu, cairan juga berguna untuk melumasi semua organ tubuh sehingga dapat bekerja secara maksimal.
  5. Hindari kelebihan berat badan
    kontrol berat tubuh
    Sudah menjadi hukum alam jika kegemukan merupakan faktor penyebab munculnya penyakit jantung. Lebih buruk lagi, orang yang mengalami obesitas memiliki resiko serangan jantung lebih besar dibandingkan orang dengan berat tubuh normal.

    Fakta medis mengatakan, orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki sleep apnea, suatu kondisi medis di mana seseorang berhenti bernapas untuk waktu yang singkat saat tertidur. Sleep apnea menempatkan anda pada risiko terkena serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan gagal jantung kongestif.

    • Pria dianggap kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar 101,6 cm
    • Wanita kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 88,9 cm

    Jadi, mulailah mengatur berat badan ideal anda. Meskipun hanya berkurang 10% anda sudah mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah dan meminimalisir risiko diabetes. Dan yang paling penting, anda sudah menjaga kesehatan jantung dari berbagai penyakit berbahaya.
2014-01-01
Aku Sehatku, Updated at: 04:47

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :