Tips Sehat : 10 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Merusak Otak

Pedulikah anda dengan kesehatan otak? Ataukah anda hanya peduli dengan kesehatan kulit, jantung maupun mata indah anda? Fakta mengatakan otak merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Sama pentingnya dengan peran jantung untuk memompa darah, tidak kalah penting dengan kulit sebagai indera perasa dan bahkan, otak lah yang mengkoordinasikan kedua bola mata untuk melihat suatu benda.

penyebab otak rusak

Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net


Sebegitu banyaknya peran otak bagi manusia namun kita sering lupa untuk menjaganya. Bayangkan saat anda menguyah makanan dan rahang atas tidak bisa berkoordinasi dengan rahang bawah. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh gigi untuk menghancurkan makanan tersebut? Berjam-jam, berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun.

Stres berat merupakan salah satu akibat rusaknya jaringan syaraf di otak seseorang. Mungkin anda lebih mengenalnya dengan sebutan gila atau tidak waras. Pernahkah anda berfikir menjadi orang yang tidak waras? Otak sama seperti rambut, kulit atau mata yang bisa saja rusak sewaktu-waktu tanpa anda sadari.

Apa Saja Bagian-Bagian Otak Manusia?
  • Otak depan : merupakan pusat syaraf utama yang memiliki fungsi dalam mengatur semua aktifitas tubuh. Otak bagian depat berperan dalam hal kepandaian, ingatan, kesadaran serta pertimbangan.
  • Otak tengah : berfungsi dalam mengendalikan gerakan mata, memproses pendengaran suara yang diterima telinga.
  • Otak belakang : termasuk juga otak kecil berperan mengatur posisi tubuh, keseimbangan serta gerakan otot yang terjadi secara sadar.

Karena pentingnya fungsi otak bagi kehidupan manusia, anda harus menjaganya dengan benar. Cara menjaga kesehatan otak secara sederhana namun ampuh adalah dengan mengkonsumsi ikan terutama ikan laut. Karena asam lemak tak jenuh omega-3 banyak terdapat pada ikan. Perhatikan juga kebiasaan kecil yang anda lakukan sehari-hari yang bisa saja merusak otak tanpa anda sadari.


10 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Tanpa Anda Sadari

  1. Meninggalkan sarapan pagi
    Jika anda termasuk orang yang tidak suka sarapan di pagi hari, segera ubah kebiasaan buruk tersebut. Entah alasan tidak sempat, malas atau alasan lain, meninggalkan sarapan dapat merusak otak karena kurangnya kadar gula sehingga otak mengalami kemunduran. Jika dibiarkan secara terus menerus, bagian-bagian otak tidak akan lagi berfungsi.

  2. Terlalu banyak makan
    Makan berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan pembuluh otak mengeras. Selanjutnya fungsi otak menjadi menurun dan mengalami kerusakan tanpa anda sadari.

  3. Kurangnya asupan zat cair
    air minum
    Dehidrasi adalah akibat dari tubuh yang kekurangan cairan. Semua organ tubuh termasuk otak tidak akan bekerja secara maksimal tanpa asupan cairan yang cukup. Minum 8 gelas air setiap hari akan mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu kinerja organ tubuh secara keseluruhan.

  4. Kebiasaan merokok
    Tahukah anda, merokok akan menyebabkan otak menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Jika fungsi otak sudah mulai terganggu anda akan kehilangan ingatan secara perlahan atau dikenal dengan istilah penyakit alzheimer.

  5. Konsumsi gula yang berlebih
    Tidak hanya menyebabkan penyakit diabetes, zat gula atau sukrosa yang berlebih dapat menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga kesehatan otak terganggu. Mengurangi konsumsi minuman bersoda merupakan cara menjaga kesehatan otak yang tepat.

  6. Hindari polusi udara
    Menghirup udara yang kotor tidak hanya berbahaya bagi pernafasan namun berpengaruh juga pada kesehatan otak. Apabila terlalu lama berada pada lingkungan dengan udara berpolusi maka kinerja otak menjadi tidak efisien.

  7. Waktu tidur yang kurang
    Bagi anda yang suka begadang, kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan mati otak. Selain berpengaruh terhadap otak, organ tubuh lain juga akan kelelahan dan lama kelamaan rusak. 6 - 8 jam adalah waktu tidur yang disarankan.

  8. Menutup kepala saat tidur
    tidur tidak sehat
    Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan otak rusak adalah menutupi kepala ketika sedang tidur. Kerusakan terjadi karena karbon dioksida dari pernafasan tidak bisa keluar dengan maksimal sehingga mencemari otak. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama maka otak menjadi rusak.

  9. Berpikir keras saat sedang sakit
    Ketika tubuh dalam kondisi tidak fit dan anda tetap memaksakan untuk berpikir dengan keras maka otak akan mengalami ketidakefektifan kinerja. Artinya anda memaksakan otak yang sedang kelelahan untuk tetap bekerja. Hindari kebiasaan ini agar otak terjaga kesehatannya.

  10. Jarang berbicara dan berpikir
    Berpikir merupakan cara terbaik untuk melatih kinerja otak. Kurang berpikir justru akan membuat otak menyusut dan tidak berfungsi maksimal. Sedangkan jarang bicara akan membuat otak kurang stimulasi sehingga nantinya dapat menurunkan kinerja otak.
2013-12-09
Aku Sehatku, Updated at: 09:15

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :