Top 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Yang Alami

Tidak perlu diragukan lagi, khasiat minum teh hijau bagi kesehatan tubuh memang sangat banyak. Kebaikan alam yang terkandung dalam daun teh nyatanya sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk. Sudahkah anda menikmati manfaat teh hijau untuk kesehatan? Atau anda belum yakin dengan kandungan alami di dalamnya sehingga anda belum berani mencoba?

khasiat green tea

Image courtesy of zirconicusso / FreeDigitalPhotos.net


Tentu anda sering melihat iklan produk minuman segar berbahan dasar daun teh menjanjikan sejuta khasiat bagi tubuh. Tren hidup sehat yang masih berbenturan dengan cara instant.

Begitu pula dengan manfaat teh hijau dimana awalnya hanya bisa diperoleh dengan mengolah daun nya secara langsung. Ini merupakan tradisi kuno dari bangsa jepang yang sudah merasakan khasiat minum teh bagi kesehatan secara turun temurun.


Adakah bahaya yang mungkin disebabkan oleh teh hijau?
  • Berbeda dengan kafein pada kopi yang bisa menyebabkan insomnia, gigi menjadi kuning sampai resiko kematian lebih awal. Daun teh banyak mengandung anti-oksidan sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Sampai saat ini, belum ada laporan resmi mengenai bahaya minum teh hijau bagi kesehatan tubuh manusia. Jadi, anda tidak usah khawatir dengan efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan.

Semakin populernya minuman kesehatan berbahan dasar daun teh hijau memang tidak lepas dari budaya jepang. Tren gaya hidup negeri sakura mulai banyak dicontoh oleh masyarakat indonesia. Tentu ada positif dan negatif. Contoh lain adalah tren kecantikan menggunakan khasiat beras jepang untuk memutihkan wajah secara alami.

beras jepang

Beras putih dari jepang


Tentu saja tidak semua gaya hidup negara lain cocok diterapkan di indonesia. Namun satu hal yang pasti, manfaat teh hijau untuk kesehatan sudah diakui oleh masyarakat internasional. Dengan kandungan anti-oksidan alami seperti polifenol, anda akan mendapatkan kebaikan teh untuk kulit, rambut dan bahkan menghalangi pertumbuhan sel kanker.


Inilah Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  1. Ada mitos mengatakan minum teh hijau berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, benarkah mitos tersebut?

    Seperti yang sudah saya singgung di awal, anti-oksidan alami dalam teh hijau mengandung polifenol katekin. Dan ilmuwan berhasil mengidentifikasi enam jenis katekin berbeda, salah satunya adalah epigallocatechin gallate. EGCG inilah yang berperan dalam meningkatkan tingkat metabolisme tubuh manusia sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih maksimal.

    Selanjutnya, khasiat teh hijau juga mengurangi lemak, menekan nafsu makan dan menghilangkan kelebihan air dalam tubuh. Inilah mengapa minum teh hijau dikaitkan dengan diet secara alami.

  2. Percayakah anda teh hijau bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang?

    Ada dua kandungan alami dalam green tea yang berperan penting dalam mengatasi masalah kolesterol yaitu tanin dan katekin. Tanin berguna dalam mengurangi tingkat LDL (Low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat penyebab penyumbatan darah.

    Sementara katekin memiliki fungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus sehingga secara tidak langsung, manfaat minum teh hijau dapat menjaga kesehatan jantung.

  3. Anda penderita alergi ringan? Ada obat alamiah murah dan manjur untuk mengatasi masalah alergi

    Ya, epigallocatechin gallate pada green tea ternyata menghasilkan senyawa histamin dan imunoglobulin E (IgE). Kedua senyawa ini dapat mengobati alergi pada bulu hewan, debu maupun alergi ringan lainnya.

  4. Khasiat teh hijau juga berperan dalam mengobati diabetes tipe 2 berkat anti-oksidan alami di dalamnya. Minum green tea secara teratur akan menghambat sekresi enzim alpha-glucosidase yang bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

  5. Tahukah anda, teh hijau juga mengandung kafein seperti kopi?

    Meminum minuman yang mengandung kafein sangat tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi. Namun berbeda dengan teh hijau hanya memiliki presentasi kafein rendah, tidak seperti kopi. Banyaknya manfaat kafein bagi kesehatan seperti mengelola diabetes, menjaga tekanan darah dan menyehatkan jantung menjadikan green tea minuman kesehatan yang lengkap.

  6. Dilema diantara resiko dan manfaat teh hijau bagi ibu hamil - harus anda ketahui

    Kesehatan seorang ibu yang sedang hamil tentu harus dijaga dengan benar, tidak boleh sembarangan dan asal-asalan. Fakta mengatakan kandungan anti-oksidan dalam teh hijau sangat baik untuk membantu tubuh meregenerasi sel-sel rusak , mengatur gula darah dan tingkat insulin serta mengendalikan hipertensi.

    Salah satu manfaat teh hijau untuk ibu hamil adalah mengurangi resiko hipertensi dan diabetes pada tahap akhir kehamilan berkat meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

    teh hijau bagi ibu hamil

    Bahaya teh hijau untuk kehamilan


    Namun, ada resiko yang bisa saja mengancam kesehatan ibu yaitu adanya kafein dalam teh hijau. Meskipun jumlahnya kecil, kafein bersifat diuretik artinya memaksa tubuh untuk melepaskan cairan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Ada baiknya jika ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai tingkat keamanan teh hijau pada ibu hamil.

  7. Meskipun dari tadi saya mengulas tentang zat anti-oksidan ternyata ada kandungan teh hijau lainnya yaitu theanine. Zat ini merupakan asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dengan kata lain, manfaat minum teh hijau bisa menenangkan pikiran anda. Sama seperti khasiat daun pandan wangi bisa membuat pikiran lebih rileks, tenang dan mengembalikan mood.

  8. Keuntungan minum teh hijau saat musim hujan seperti ini adalah meningkatkan kekebalan tubuh dari virus maupun bakteri. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit sejuta umat yaitu flu. Kok bisa? Ternyata kandungan vitamin C dalam green tea juga berlimpah selain anti-oksidan dan flavonoid.

  9. Bagi orang yang memiliki masalah asma berat, manfaat teh hijau sangat berguna dalam mengurangi tingkat keparahan asma. Berkat kandungan teofilin yang bisa mengendurkan otot-otot untuk memberikan dukungan kepada saluran bronkial sehingga meringankan asma. Selain itu, khasiat green tea juga mengurangi kepekaan terhadap alergi sehingga mengurangi reaksi kambuhnya asma.

  10. Kepadatan tulang rendah adalah masalah umum sebagian besar wanita indonesia. Kandungan fluoride tinggi dalam teh hijau membantu dalam menjaga tulang tetap kuat dan memperlambat kerusakan, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis.

Itulah 10 manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh yang bisa anda dapatkan jika meminumnya secara teratur. Tidak ada salahnya memulai pola hidup sehat dengan rajin minum green tea setiap hari mulai dari sekarang. Selanjutnya, akan dibahas secara spesifik serta mendalam apa saja khasiat teh hijau bagi kecantikan wanita.
2013-12-14
Aku Sehatku, Updated at: 15:03

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :