Apa Saja Manfaat Buah Apel Selain Untuk Diet?

Siapa yang tidak kenal apel? Berbagai olahan makanan dan minuman berbahan dasar buah ini bisa anda dapatkan dengan mudah. Apel malang (hijau) merupakan salah satu produk lokal yang sudah terkenal bahkan tidak kalah dari produk import (merah). Pastinya anda tidak asing lagi dengan manfaat buah apel untuk diet. Namun, tahukah anda masih banyak fakta dibalik khasiat buah ajaib ini?

manfaat buah apel

Image courtesy of Clare Bloomfield / FreeDigitalPhotos.net


Dengan tekstur daging buah yang renyah, apel memiliki cita rasa khas serta mengandung berbagai vitamin dan nutrisi berguna bagi kesehatan. Tidak salah memang jika buah apel bisa menurunkan berat badan mengingat kandungan indeks glikemik berkisar antara 28 - 44.

Kandungan serat yang berlimpah dan pektin di dalamnya mampu membentuk gel pada usus sehingga membuat anda lebih lama merasa kenyang. Pergerakan usus lebih terkontrol dan program diet yang sedang anda jalani menjadi lebih efektif. Bahkan ada pengakuan mengejutkan yang mengatakan jika berat tubuh dapat turun 8 kg dalam 12 minggu hanya dengan rutin mengkonsumsi 3 buah apel sehari!

Dari sisi lainnya, penggunaan masker wajah berbahan dasar apel juga mempunyai khasiat nyata seperti mengatasi masalah jerawat, menyegarkan kulit sampai menghilangkan kerutan akibat penuaan. Bagi anda yang lebih memilih bahan alami untuk merawat kecantikan wajah, cobalah manfaat buah apel tersebut.


10 Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Buah Apel

  1. Dalam 100 gram irisan buah apel hanya terdapat 50 kalori serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

  2. Kandungan serat dalam apel bermanfaat untuk mengikat bahan kimia penyebab kanker di dalam usus besar.

  3. Manfaat buah apel untuk melindungi efek buruk dari radikal bebas dapat dilihat dari kandungan antioksidan, flavonoid dan polifenol.

  4. Apel juga mengandung vitamin C yang merupakan atioksidan alami dan berperan terhadap ketahanan tubuh saat diserang virus maupun bakteri.

  5. Kegunaan buah apel untuk membantu proses metabolisme tubuh bersumber dari kandungan vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin dan piridoksin ( vitamin B - 6 ).

  6. Apel juga mengandung mineral penting lain seperti kalium, fosfor dan kalsium . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

  7. Dalam menyembuhkan penyakit anemia, buah apel berperan penting sebagai penyedia zat besi yang merupakan bahan pembentuk hemoglobin darah.

  8. Konsumsi apel secara teratur juga mampu mengurangi resiko terserang kanker karena efek baik zat polifenol dan flavonoid.

  9. Manfaat buah apel untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 10% serta HDL hingga 20% akan menjauhkan anda dari serangan jantung.

  10. Pernahkan anda membawa buah apel saat menjenguk seseorang di rumah sakit? Tahukah anda jika apel dapat mempercepat proses penyembuhan tubuh yang sakit?


Tips Makan Buah Apel Agar Mendapat Manfaat Maksimal

  • Cuci apel secara menyeluruh dalam air yang mengalir untuk menghilangkan debu, kotoran maupun insektisida yang masih menempel.
  • Biasakan untuk memakan apel beserta kulitnya karena kandungan vitamin pada kulit apel sangat tinggi.
  • Jika irisan buah apel berubah warna menjadi cokelat ( akibat zat besi terkena udara), bilas irisan di dalam air yang ditetesi lemon segar.
  • Anda juga bisa membuat minuman jus segar untuk mendapatkan manfaat buah apel secara maksimal.
2013-11-08
Aku Sehatku, Updated at: 09:35

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :