Fakta Dibalik Manfaat Buah Durian Yang Harus Anda Ketahui

Sebagian orang setuju jika durian adalah raja dari segala buah sementara sebagian lain merasa tidak nyaman karena aroma menyengat yang menjadi ciri khasnya. Manfaat buah durian sudah banyak dibahas oleh pakar kesehatan namun ada fakta menarik dibalik kandungan nutrisi yang tersembunyi di dalam buah berduri ini. Berikut beberapa fakta penting tentang durian yang harus anda ketahui.

manfaat durian untuk kesehatan

Image courtesy of worradmu / FreeDigitalPhotos.net


Buah-buahan merupakan anugerah alam yang banyak memberikan kebaikan bagi tubuh manusia. Vitamin, mineral, anti-oksidan dan banyak jenis nutrisi alami terjaga kemurniannya untuk memberikan khasiat kesehatan secara maksimal. Pernahkah anda bersyukur kepada tuhan atas diciptakannya berbagai jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan?

Tahukah anda, indonesia merupakan salah satu dari tiga negara penghasil buah durian terbesar di dunia?

Fakta pertama mengatakan hanya ada tiga negara di dunia yang mampu menghasilkan durian dengan kualitas terbaik. Indonesia, Brunei dan Malaysia sudah diakui oleh seluruh masyarakat internasional sebagai negara asal buah durian.

pohon durian
Fakta kedua tentang cita rasa durian yang terbatas bagi orang indonesia yaitu manis, sedikit pahit dan legit. Sedangkan bagi lidah orang luar, buah durian memiliki cita rasa yang lebih beragam seperti yang diungkapkan seorang pakar nutrisi asal inggris yaitu Alfred Russel Wallace yang mengatakan "Durian merupakan buah seperti puding dengan daging buah yang pulen serta diperkaya rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur dan bermacam rasa unik lainnya."

sumber kolesterol
Fakta ketiga tentang salah kaprah persepsi orang indonesia yaitu buah durian merupakan penghasil kolesterol jahat bagi tubuh. Menurut Panca Jarot Santoso, S.P., M.Sc peneliti di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, belum ada tanaman di dunia ini yang menghasilkan kolesterol. Faktanya 80% kolesterol berasal dari sintesa tubuh dan 20% berasal dari lemak hewani.


10 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  1. Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya yaitu pisang, alpukat dan nangka, durian kaya akan energi, mineral serta vitamin. Dalam 100 g buah durian segar terdapat 147 kalori.

  2. Daging buah durian tersusun dari gula alami seperti fluktosa serta sukrosa dan saat dimakan dapat menghasilkan energi tubuh secara instan.

  3. Kandungan serat di dalam buah durian bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

  4. Khasiat zat anti-oksidan dan vitamin C buah durian berperan penting dalam membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.

  5. Sementara vitamin B kompleks dalam durian memiliki kegunaan bagi kesehatan yang beragam seperti memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.

  6. Kandungan mineral mangan, tembaga, zat besi dan magnesium bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.

  7. Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh. Kalium adalah elektrolit penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

  8. Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya. Kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan merangsang metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur (dikenal juga dengan "nature's sleeping pill").

  9. Selain itu, zat tryptophan juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi, stress serta mengurangi rasa cemas berlebih secara alami.

  10. Bagi perokok aktif yang ingin berhenti, manfaat buah durian bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin B6, B12, magnesium serta kalium yang membantu tubuh untuk menghilangkan efek ketagihan nikotin

Meskipun khasiatnya sangat beragam bagi kesehatan tubuh, memakan buah durian tidak boleh berlebih. Karena dapat menimbulkan efek samping seperti energi berlebih dan jika tidak disalurkan dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan.
2013-11-26
Aku Sehatku, Updated at: 08:53

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :