Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Berjerawat?

Memiliki kulit wajah bersih, mulus dan bebas dari jerawat bukanlah hal yang mustahil. Tentu kondisi tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri di depan orang lain. Ada beberapa cara merawat kulit agar wajah bebas dari jerawat tanpa mengeluarkan biaya! Tips sederhana berikut ini adalah dasar perawatan wajah yang harus anda lakukan jika tidak ingin mengalami masalah jerawat di kemudian hari.

tips wajah bebas jerawat

Image courtesy of Phaitoon / FreeDigitalPhotos.net


Mungkin saja anda sudah melakukan berbagai jenis perawatan kulit untuk mencegah datangnya jerawat di muka. Namun bisa saja anda melupakan beberapa tips dasar yang sangat penting dalam menjauhkan kuman maupun bakteri penyebab jerawat.

Ada baiknya anda mengetahui 3 jenis jerawat berikut ini :
  • Jerawat ringan : mengacu pada benjolan kecil berwarna putih seperti komedo yang umum muncul pada area wajah.
  • Jerawat sedang : yang meliputi jerawat meradang merah yang disebut papula dan jerawat merah dengan pusat putih yang disebut pustula.
  • Jerawat parah : yang menyebabkan rasa sakit, perih, berisi nanah berbentuk benjolan yang muncul di bawah kulit.

Sebuah jerawat dimulai ketika pori-pori di kulit tersumbat akibat minyak alami yang disebut sebum. Sebenarnya sebum berfungsi untuk melumasi kulit maupun rambut agar tidak mudah kering. Namun pada saat tertentu ( misal : stres, masa pubertas ) produksi sebum menjadi terlalu banyak hingga memudahkan jerawat muncul di wajah.

gambar muka

T-zone : area wajah yang paling rentan berjerawat


Cara merawat kulit wajah agar tidak berjerawat sebenarnya mudah saja. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa kebiasaan kecil yang tanpa disengaja memicu datangnya kuman di area muka.

Meskipun ada bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat, alangkah baiknya anda melakukan langkah-langkah pencegahan sebelum terlambat. Karena tidak semua acne scars bisa hilang secara permanen.


Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

  1. cara mencuci muka
    Biasakan mencuci muka dua kali sehari (tidak lebih) dengan air hangat dan sabun khusus untuk wajah berjerawat. Pijat lembut seluruh area muka dengan gerakan melingkar dan usahakan untuk tidak menggosok. Hindari juga membersihkan wajah secara berlebih karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
    Setelah mencuci muka, aplikasikan lotion yang mengandung benzoyl peroxide. Tujuannya untuk mengurangi minyak dan bakteri.

  2. jangan memencet
    Pernahkah anda memencet jerawat yang baru muncul? Inilah salah satu godaan yang harus dihindari. Memencet jerawat dapat mendorong material terinfeksi masuk ke dalam kulit, menyebabkan pembengkakan serta kemerahan dan bahkan memicu munculnya bekas luka jika jerawat tersebut sudah hilang. Pastikan anda dapat menahan godaan untuk menekan maupun memencet jerawat di wajah.

  3. menyentuh wajah
    Buang jauh kebiasaan meraba atau sekedar menyentuh kulit wajah dengan jari-jari anda. Tahukah anda, tangan merupakan media penyalur bakteri dan kotoran yang paling ampuh? Pastikan mencuci tangan dengan benar sebelum menerapkan apapun ke area muka seperti menggunakan krim wajah atau memakai makeup.

  4. jerawatk karena kacamata
    Bagi anda yang mengenakan kacamata, tips merawat wajah agar tidak berjerawat adalah dengan membersihkan benda tersebut secara teratur. Tujuannya adalah menjaga minyak dari penyumbatan pori-pori di sekitar mata dan hidung. Hal ini berlaku juga bagi anda yang sering memakai topi, ikat kepala maupun aksesoris lain di area sekitar muka.

  5. bersihkan makeup
    Bersihkan wajah cantik anda dari makeup sebelum tidur. Hindari penggunaan makeup yang sudah lama tidak dipakai atau terlihat berbeda (bau maupun warna) dari pertama kali anda membelinya. Sangat disarankan untuk memilih merk makeup dengan keterangan "noncomedogenic" atau "nonacnegenic" pada label.

Satu lagi cara merawat kulit wajah agar tidak berjerawat yaitu dengan menjauhkan rambut dari area muka. Meskipun terdengar sepele, rambut dapat membawa kotoran maupun minyak yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?
2013-11-15
Aku Sehatku, Updated at: 10:13

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :