Tips Sehat : Agar Efek Kafein Cepat Hilang Dari Tubuh

Menikmati secangkir kopi hangat di pagi hari sudah menjadi kebiasaan saya dan banyak pecinta kopi lainnya. Selain bisa membantu 'mengumpulkan nyawa' setelah bangun tidur, minuman ini juga berguna sebagai penghilang rasa kantuk yang paling ampuh. Namun ada waktu dimana efek buruk kafein bisa mengganggu aktivitas harian yaitu rasa gelisah dan susah tidur.

cara menghilangkan kafein

Image courtesy of tiverylucky / FreeDigitalPhotos.net


Sebenarnya kafein tidak hanya terdapat pada biji kopi, beberapa merk minuman bersoda, obat-obatan, cokelat dan minuman penambah energi juga mengandung zat kafein ini. Jika dilihat dari efek baiknya, kafein ternyata bisa meningkatkan rasa waspada, penalaran logis serta reaksi tubuh. Namun ada juga keburukan kafein jika dikonsumsi secara berlebih yaitu munculnya rasa gelisah dan susah tidur.


Pernahkah anda mengalami insomnia setelah meminum secangkir kopi di malam hari? Untuk mengatasi masalah susah tidur akibat kafein, berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.


Bagaimana Cara Menghilangkan Efek Buruk Dari Kafein?

  • Air putih
    Cara menghilangkan efek kafein yang pertama adalah dengan meminum air putih untuk memperlancar kinerja sistem tubuh. Dengan memberikan asupan cairan, tubuh akan lebih mudah memproses kafein serta menghindari dehidrasi akibat zat tersebut.

  • Buah pisang
    Setelah meminum air, tips untuk menghilangkan gelisah dan susah tidur akibat kafein adalah makan pisang. Kafein bekerja dengan mengurangi cairan tubuh dan membuang keseimbangan elektrolit tubuh. Buah pisang merupakan makanan yang ideal untuk menyingkirkan kafein karena banyak mengandung kalsium, kalium serta membantu mengatur gula darah.

  • Teh herbal
    Cara lain untuk menetralkan efek kafein adalah meminum teh herbal. Jenis teh ini tidak mengandung kafein dan justru memiliki manfaat kesehatan yang mengagumkan seperti membantu pencernaan, melindungi sel dan mengurangi pilek.

  • Menggerakan tubuh
    Jika anda bisa menggerakkan tubuh, gerakan ringan akan sangat membantu menghilangkan efek buruk kafein. Dengan melakukan gerakan seperti berjalan, peregangan atau yoga maka metabolisme dalam tubuh akan terbantu.

  • Tunggu beberapa saat
    Seperti yang sudah saya katakan di awal, kafein tidak hanya terdapat pada kopi. Bisa saja obat yang anda minum mengandung kafein karena memang kegunaannya sangat beragam. Anda bsa menunggu beberapa saat agar efek kafein bisa hilang dengan sendiri. Ingat! Tubuh manusia membutuhkan waktu untuk memproses segala hal yang masuk ke dalamnya.

Rasa gelisah, susah tidur atau insomnia merupakan efek samping dari kafein yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa menghilangkan efek buruk tersebut dengan salah satu cara di atas, jangan lupa perhatikan juga makanan dan minuman yang mungkin mengandung zat kafein.
2013-10-02
Aku Sehatku, Updated at: 12:29

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :