Cara Murah Membuat Pemutih Gigi Sendiri Di Rumah

Anda mungkin pernah melihat iklan tentang alat atau pun obat pemutih gigi dengan harga dan merk yang bervariasi. Namun tahukah anda, tidak semua bahan yang digunakan aman untuk kesehatan? Apalagi jika yang membuat adalah merk dagang yang sama sekali belum anda kenal, tentu anda tidak boleh begitu saja percaya. Ada cara sederhana untuk membuat pemutih gigi sendiri di rumah dengan hasil yang tidak kalah dari produk pemutih terkenal.

pasta gigi pemutih

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net


Memiliki senyum sehat dan gigi putih bersih tentu sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri anda. Pemakaian bahan-bahan kimia dalam produk pemutih gigi masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Karena memang sisi keamanan dan efek samping bahan tersebut sangat berbahaya jika tidak sesuai takaran.

Timbulnya reaksi kimia dari percampuran bahan yang tidak tepat bisa memicu munculnya gangguan lain seperti lapisan enamel gigi yang terkikis hingga menyebabkan gigi sensitif.

Oleh karena itulah dibutuhkan racikan bahan pemutih gigi yang tepat sehingga aman digunakan. Bagi anda yang memiliki penghasilan lebih, ada baiknya jika selalu berkonsultasi dengan dokter yang kompeten agar tidak menyesal di kemudian hari.


Cara Mudah Membuat Pemutih Gigi Yang Aman Dipakai

Bahan - bahan yang dibutuhkan :
  • Hidrogen peroksida
    cairan hidrogen peroksida
    Hidrogen peroksida (H2O2) bisa anda dapatkan di apotik karena memang bahan ini dijual bebas dan umumnya digunakan untuk membersihkan telinga atau mensterilkan luka. Jika anda pernah berkunjung ke dokter THT mungkin anda pernah memakai cairan ini. Oleh dokter THT, hidrogen peroksida dipakai untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras. Sejauh ini belum ada efek khusus dari pemakaian hidrogen peroksida (H2O2) secara berlebih. Setahu saya tidak ada efek merugikan dari cairan ini.

  • Obat kumur
    obat kumur Listerine
    Obat kumur (mouthwash) bukan barang baru bagi orang indonesia. Sudah banyak produk obat kumur yang digunakan setelah anda menyikat gigi. Contoh salah satu produk yang paling terkenal adalah 'Listerine' yang menjanjikan sensasi segar pada mulut anda. Ternyata bahan ini bisa digunakan untuk memutihkan gigi jika dicampur dengan bahan-bahan lain. Jika anda memakai obat kumur merk lain juga tidak masalah.

  • Baking soda
    soda kue
    Baking soda (atau soda kue) adalah bahan kue yang di dalamnya terdapat unsur bahan kimia dengan nama natrium bikoarbonat. Jika anda sering membuat kue tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan yang bisa menjadi pemutih gigi ini. Gunanya untuk mengembangkan campuran bahan-bahan lainnya.

  • Pasta gigi
    Bahan yang satu ini tidak perlu dijelaskan karena anda bisa menggunakan semua merk pasta gigi.


Cara Membuat Pemutih Gigi:

  1. Campurkan 1/2 sendok makan hidrogen peroksida dengan 1/2 sendok makan obat kumur kemudian aduk rata sekitar 1 menit

  2. bahan yang dibutuhkan

  3. Tambahkan 1 sendok teh pasta gigi dan 1 sendok teh baking soda kemudian masukkan sedikit air agar membentuk tekstur pasta

  4. campuran bahan-bahan

    Image courtesy of calleigh / beautytips4her.com


  5. Aduk lagi hingga rata kemudian sikat gigi anda dengan perlahan menggunakan campuran bahan yang sudah dibuat

Ramuan pemutih gigi yang sudah anda buat bisa digunakan setiap 1 - 2 kali dalam seminggu dan jangan digunakan setiap hari karena bisa berpengaruh pada lapisan enamel gigi.
2013-10-27
Aku Sehatku, Updated at: 13:44

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :