Benarkah Buah Untuk Diet Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melangsingkan tubuh, mulai dari menjalankan olahraga khusus, menghindari jenis makanan tertentu, memakai obat pelangsing sampai mengkonsumsi buah-buahan untuk diet. Pilihan jatuh pada anda sendiri karena tidak semua cara cocok untuk semua orang dan bisa saja membahayakan kesehatan anda.

buah yang baik untuk diet

Image courtesy of Michal Marcol / FreeDigitalPhotos.net


Mengkonsumsi buah untuk diet sudah lama dipercaya bisa menjadikan tubuh kurus secara alami. Standar yang digunakan adalah Indeks Glikemik (IG) masing-masing buah. Semakin kecil IG yang dimiliki maka semakin baik untuk diet. Begitu pun sebaliknya, semakin tinggi Indeks Glikemik buah maka semakin mengganggu proses menurunkan berat badan.

Selain baik untuk diet, buah dengan IG rendah juga mempunyai manfaat untuk menstabilkan tekanan darah sehingga anda terhindar dari penyakit darah tinggi dan diabetes. Oleh karena itu, beberapa buah jenis ini sangat baik dikonsumsi saat sarapan pagi untuk mencegah lonjakan glukosa dan insulin.

Contoh buah dengan Indeks Glikemik rendah yang baik dimakan saat sarapan adalah anggur, jeruk, apel, persik, pear dan ceri. Nikmati buah-buahan tersebut di pagi hari agar anda terhindar dari penyakit diabetes serta berguna untuk menurunkan berat tubuh.


Jenis Buah Untuk Diet Dengan Indeks Glikemik Rendah

  1. Pisang
    pisang untuk diet
    Khasiat pisang untuk diet bisa dilihat dari nilai IG yang berkisar antara 46 – 70 dimana syarat utama buah yang baik untuk menguruskan tubuh adalah memiliki indeks glikemik kurang dari 55. Selain itu, buah pisang juga mengandung banyak serat serta kalori yang rendah sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak.

  2. Anggur
    anggur baik untuk diet
    Buah anggur kaya akan kandungan polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh. Selain baik untuk diet, anggur juga mengandung senyawa antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Nilai indeks glikemik buah ini adalah 43 – 59.

  3. Jeruk
    buah jeruk
    Mengkonsumsi jeruk secara langsung atau pun diminum dalam bentuk jus buah dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Karena kegunaan buah ini yang sangat berlimpah, tentu anda sering melihat orang luar negeri meminum jus jeruk dalam adegan film di saat pagi hari. Nilai IG buah jeruk adalah 31 – 51.

  4. Apel
    apel hijau
    Berdasarkan penelitian, jumlah vitamin C dalam buah apel memang tidak sebanyak buah-buahan lain. Namun demikian, apel kaya akan senyawa antioksidan lain yang berguna untuk diet dengan cara membantu mengontrol pergerakan usus dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi. IG buah apel adalah 28 – 44.

  5. Pear
    pear untuk diet
    Buah pear merupakan sumber serat dan vitamin C yang sangat tinggi, hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Pear merupakan buah untuk diet yang baik dimakan beserta kulitnya karena kandungan serat yang mudah larut terdapat pada kulit buah. Besarnya IG adalah 33 – 42.

  6. Kiwi
    buah kiwi
    Buah kiwi hijau mempunyai indeks glikemik 39 sehingga baik untuk diet. Sedangkan bagi ibu hamil, buah kiwi bermanfaat untuk menjaga berat tubuh tetap seimbang. Hal ini sangat baik untuk mencegah obesitas pada masa kehamilan sehingga mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat saraf.

Jika anda ingin mempunyai tubuh langsing dengan memanfaatkan buah, jangan ragu untuk menyertakan buah-buahan saat menikmati sarapan.
2013-10-15
Aku Sehatku, Updated at: 09:01

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :