Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Sensitif Yang Benar?

Gigi sensitif seringkali menjadi masalah kecil yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Cara mengatasi gigi ngilu akibat minuman dingin maupun makanan dengan rasa asam sebenarnya mudah saja. Namun, anda harus memperhatikan tingkat kerusakan gigi sensitif karena jika sudah parah maka tidak ada obatnya dan harus ditambal.

masalah gigi sensitif

Image courtesy of Ponsulak / FreeDigitalPhotos.net


Orang jaman dahulu khususnya wilayah jawa, tidak bisa lepas dari aktivitas mengunyah kinang atau istilahnya nginang. Kombinasi tembakau kering, kembang kantil, daun sirih serta bahan-bahan lain terbukti ampuh menjaga kesehatan gigi secara alami.

Masalah gigi sensitif tentu tidak pernah mereka alami di jamannya, permasalahan muncul saat anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, tidak memperhatikan kualitas makanan serta minuman dan malas untuk membersihkan gigi dengan benar.


Apa Penyebab Gigi Sensitif Muncul?

Ciri-ciri gigi sensitif adalah timbulnya rasa ngilu yang tajam dan berlangsung dalam waktu singkat saat menikmati makanan atau minuman panas, dingin, asam serta manis. Anda pernah mengalaminya?

lapisan email

Menurut statistik salah satu produk pasta gigi sensitif, jumlah penderita gigi sensitif di indonesia mencapai 45%. Sangat mungkin saya maupun anda masuk kedalam golongan tersebut.

Berikut Penyebab Gigi Sensitif Yang Perlu Anda Perhatikan
  • Terjadinya penipisan email gigi atau berubahnya posisi gusi
  • Cara menyikat gigi yang masih salah dan justru merugikan kesehatan
  • Kebiasaan menggerakan gigi saat sedang tidur maupun diam
  • Perubahan hormon secara drastis pada wanita yang sedang hamil
  • Kurang asupan vitamin dan mineral untuk gigi sejak masih dalam kandungan
  • Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok secara terus menerus
  • Tanda-tanda munculnya penyakit lain misalnya diabetes


Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Sensitif Yang Benar?

  1. Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar
    sikat gigi
    Pengikisan lapisan email bisa terjadi jika anda tidak rajin membersihkan gigi atau cara melakukannya yang belum tepat. Hindari menggunakan sikat dengan bulu yang kasar serta jangan menekan sikat secara berlebih karena bisa merusak lapisan luar gigi secara perlahan-lahan. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari pagi dan malam hari.

  2. Perhatikan Asupan Vitamin Dan Mineral
    vitamin gigi
    Selain mengajarkan kebiasaan membersihkan gigi secara teratur, asupan vitamin dan mineral yang cukup akan mencegah gigi sensitif muncul pada anak. Fosfor merupakan senyawa yang membentuk lapisan email dan banyak terdapat pada daging ayam, ikan, telur, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum.

  3. Pilih Pasta Gigi Berkadar Floride Tinggi
    odol
    Flouride adalah zat kimia dalam pasta gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi agar tidak membusuk dan berlubang. Yang perlu anda tahu, kandungan floride pasta gigi anak dan orang dewasa berbeda karena jika terlalu tinggi justru dapat merusak gigi anak. Untuk baiknya, pilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

  4. Tips Khusus Untuk Gigi Sensitif
    kumur-kumur
    Setelah anda memilih pasta gigi dengan kadar floride tinggi, sikatlah gigi pada malam hari tanpa berkumur dengan air. Cukup meludah untuk mengeluarkan busa dalam mulut anda. Cara mengatasi gigi sensitif ini bertujuan untuk menjaga floride tetap menempel pada lapisan gigi luar sehingga rasa ngilu cepat hilang.

  5. Jika Gigi Sensitif Sudah Parah
    dokter
    Segera periksakan ke dokter gigi agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Biasanya dokter akan melakukan penambalan gigi atau perawatan syaraf agar rasa sakit akibat gigi sensitif bisa cepat teratasi.


Masalah gigi sensitif bukanlah suatu penyakit melainkan gangguan pada gigi yang disebabkan terkikisnya lapisan luar sehingga memicu munculnya rasa ngilu pada gigi.
2013-10-16
Aku Sehatku, Updated at: 14:45

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :