10 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Putih Bersih Secara Alami

Senyuman merupakan ekspresi jiwa yang dilakukan dengan menarik sudut bibir ke arah samping. Tentu tersenyum mempunyai banyak makna namun jika gigi kuning dan tidak bersih, anda akan was was untuk melakukannya. Bisa-bisa lawan bicara akan kabur karena kurang nyaman di dekat anda. Untuk itulah anda perlu membuat gigi putih serta bersih agar rasa percaya diri tetap terjaga.

agar gigi putih bersih

Image courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net


Kadang, merawat kebersihan gigi dengan rajin menggosoknya setiap pagi dan malam hari belum cukup untuk menjadikan gigi putih. Anda perlu tahu makanan dan minuman apa saja yang membuat gigi berwarna kuning serta solusi sederhana untuk mengatasinya.

Meminum air putih bisa menjadi solusi paling mudah untuk membuat gigi putih dengan cepat setelah anda menikmati secangkir kopi. Namun, ada beberapa makanan yang terbukti mampu menjadikan gigi lebih sehat, putih dan bersih secara alami.

5 Makanan dan Minuman Yang Bisa Membuat Gigi Menjadi Kuning

  • Kopi hitam dan teh herbal : Semakin gelap warna suatu minuman maka semakin besar efek warna kuning pada gigi yang ditimbulkan. Jadi cobalah menambahkan sedikit susu untuk mencerahkan warna dan mengurangi efek pewarnaan.

  • Minuman bersoda dan berenergi : Karena tingkat keasaaman yang tinggi, keduanya dapat memicu munculnya noda dari makanan lain.

  • Buah anggur, blueberry, raspberry, cranberry dan ceri, meskipun sangat baik untuk kesehatan, secara keseluruhan buah-buahan ini bisa membuat gigi putih menjadi kuning.

  • Acar dan saus tomat merupakan makanan bersifat asam yang bisa membuka pori-pori enamel gigi dan menimbulkan noda.

  • Permen yang bisa membuat lidah menjadi berwarna memiliki kemungkinan besar untuk menodai gigi putih anda.


10 Makanan Dan Minuman Yang Bisa Membuat Gigi Putih

  1. Buah-buahan seperti apel, pir dan jambu biji meningkatkan produksi ludah sehingga dapat membersihkan noda pada gigi.

  2. Sayuran seperti kembang kol dan mentimun juga membantu meningkatkan produksi air liur, ini merupakan cara alami untuk membuat gigi putih bersih.

  3. Keju kaya akan protein, kalsium dan fosfor, yang semuanya dapat membantu melindungi tingkat keasaman di dalam mulut anda.

  4. Salmon menyediakan kalsium dan vitamin D, nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

  5. Jamur shiitake membantu menghambat tumbuhnya bakteri di mulut dan membuat nafas segar lebih lama.

  6. gambar jamur

    Jamur shiitake - Image courtesy of Keith Weller


  7. Bumbu dapur seperti bawang dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

  8. Buah Nanas bertindak sebagai penghilang noda sehingga membuat gigi putih secara alami.

  9. Sayuran hijau seperti brokoli, selada dan bayam mengandung zat besi yang membantu mengontrol kadar asam dan melindungi enamel gigi.

  10. Jahe bertindak sebagai anti-inflamasi untuk mendukung jaringan mulut yang sehat. Wortel mengandung vitamin A, dibutuhkan untuk enamel gigi.

  11. Daun kemangi adalah antibiotik alami yang bisa mengurangi bakteri dalam mulut secara alami.

Agar gigi lebih putih dan sehat, biasakan mengkonsumsi 10 jenis makanan di atas. Dan bila perlu, kunjungi dokter gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali.
2013-10-21
Aku Sehatku, Updated at: 16:02

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :