Mengapa Jerawat Muncul Saat Menstruasi?

Menstruasi merupakan siklus bulanan pada wanita kecuali pada masa kehamilan. Karena ini merupakan hal yang wajar, setiap wanita normal umumnya pernah mengalami haid. Namun, terjadinya perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya jerawat secara tiba-tiba. Selain faktor eksternal seperti kebersihan kulit, jerawat juga disebabkan oleh perubahan produksi hormon saat menstruasi.

jerawat saat menstruasi

Image courtesy of Phaitoon / FreeDigitalPhotos.net


Artikel ini merupakan jawaban atas pertanyaan Siti Halimah halihalimah25@gmail.com tentang "Penyebab munculnya jerawat sebelum menstruasi"

Anda bisa mengirimkan pertanyaan atau request artikel kesehatan dan kecantikan secara gratis melalui halaman hubungi admin.

Salah satu cara untuk merawat wajah berjerawat adalah menghindari kegiatan memegang, mengusap atau bahkan memencet jerawat. Kenapa demikian? Pasti anda sudah tahu bahwa tangan adalah media penyebar kotoran, kuman maupun bakteri yang merugikan. Pantangan ini bertujuan agar jerawat di wajah cantik anda tidak semakin bertambah parah dan bertambah banyak.

Rajin mencuci tangan memakai sabun adalah langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan tubuh termasuk area muka.

Jerawat saat menstruasi bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon testosteron atau pun androgen. Satu efek buruk perubahan hormon yang sangat terlihat jelas adalah wanita akan bertambah sensitif, cenderung mudah marah sampai mengalami stress ringan.


Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Jerawat Saat Menstruasi?

  1. Perhatikan kebersihan kulit wajah
    Sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab eksternal timbulnya jerawat adalah kotoran yang menempel pada muka kemudian bercampur dengan minyak kulit. Merawat wajah dengan selalu membersihkan nya secara teratur minimal 2 kali sehari merupakan suatu keharusan.

    Entah pada masa haid atau tidak, endapan kotoran pada lapisan kulit akan memicu masalah jerawat. Oleh karena itu, jagalah kebersihan wajah cantik anda.

  2. Mengendalikan stress berlebih
    Inilah penyebab utama jerawat muncul saat menstruasi – stress berlebih. Pandai-pandai lah menjaga pola pikir positif agar anda terhindar pada masalah stress. Anda juga bisa melakukan kegiatan untuk menenangkan pikiran atau mungkin mencoba minuman tradisional dari daun pandan sebagai obat gelisah.

  3. Perbanyak asupan cairan tubuh
    Saat kulit wajah kering dan mudah kusam karena kurang cairan dalam tubuh makan resiko munculnya jerawat semakin besar. Minum jus buah yang banyak mengandung vitamin C bisa membantu tubuh anda tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

    Biasakan juga menjalankan hidup sehat dengan meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar tidak terjadi dehidrasi.

  4. Menggunakan masker apel
    Manfaat apel untuk wajah adalah dapat membantu proses regenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Haluskan buah apel kemudian campur dengan madu dan gunakan sebagai masker muka.

    Untuk lebih mudahnya, anda juga bisa menggunakan cuka sari apel kemudian oleskan ke wajah dengan memakai kapas. Biarkan sampai mengering sebelum mencuci muka. Lakukan teratur dua kali sehari pada saat tujuh hari sebelum tanggal haid.

  5. Bonus tips : cara menghilangkan jerawat
    Untuk mengatasi jerawat yang sudah muncul, anda bisa menggunakan sabun muka yang mengandung sulfur dan benzoil peroksida. Atau memanfaatkan kebaikan alam dengan memakai :

Sedangkan munculnya noda hitam bekas jerawat merupakan akibat dari rusaknya jaringan kulit. Sebenarnya noda-noda tersebut bisa hilang dengan sendirinya namun memerlukan waktu yang cukup lama. Anda bisa melakukan perawatan kulit wajah jika menginginkan bekas tersebut hilang secara cepat.
2013-09-26
Aku Sehatku, Updated at: 08:22

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :