Tips Sehat : Cara Menjaga Kesehatan Saat Libur Lebaran

Hari raya adalah saat kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, waktunya silaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Cara menjaga kesehatan tubuh saat liburan cenderung lebih sulit dibandingkan hari biasa. Pola hidup yang berubah secara drastis bisa saja mengancam tubuh sehat anda. Tips sehat saat lebaran bisa dimulai dari hal paling sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan sampai mengontrol pola makan.

tubuh sehat saat lebaran

Hari libur lebaran bisa saja membuat kondisi tubuh tidak fit karena aktivitas bepergian ke rumah teman atau saudara. Tips menjaga kesehatan karena masalah pola makan tidak teratur akibat aktivitas tinggi atau masih terbawa waktu makan bulan puasa dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit diare atau berat badan naik dengan cepat.


Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran?

  1. Rajin mencuci tangan agar terhindar dari penyakit
    Hari raya idul fitri identik dengan tradisi bersalaman dan mencium tangan dengan tujuan saling memaafkan. Cara menjaga kesehatan tubuh dari berpindahnya kuman, virus serta bakteri melalui perantara tangan, rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan. Resiko penyakit yang mungkin bisa ditularkan diantaranya flu atau pun sakit perut.

  2. Pilih air putih daripada air sirup
    Minuman segar dengan rasa yang enak memang selalu menggoda sebagai penghilang rasa haus. Namun demikian, air putih memiliki manfaat yang lebih baik serta lebih banyak dibandingkan air sirup mudah ditemukan saat lebaran. Minum air putih berguna untuk menjaga kesehatan dengan cara menyediakan cairan tubuh untuk aktivitas tinggi yang anda jalani

  3. Perhatikan waktu istirahat anda
    Setelah kegiatan silaturahmi seharian tentu kondisi tubuh menurun drastis. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengenbalikan kondisi terbaiknya. Cara menjaga kesehatan dengan istirahat yaitu tidur berguna untuk menghilangkan rasa lelah berlebih sehingga tidak mudah terserang flu dan pegal-pegal.

  4. Pola makan bisa menaikkan berat badan
    Untuk anda yang rajin menjaga bentuk badan, makanan khas lebaran bisa saja memicu masalah berat badan naik dengan cepat. Kue khas lebaran seperti nastar atau puteri salju memiliki kandungan kalori tinggi. Efeknya, dalam waktu satu minggu berat tubuh bisa naik sekitar setengah kilogram.

  5. Menjaga kesehatan penderita diabetes
    Makanan dan minuman manis yang disediakan saat momen lebaran bisa mengganggu kesehatan orang dengan penyakit diabetes. Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebih. Cara menjaga kesehatan dengan mengukur kadar gula darah pada hari raya tetap harus dilakukan. Jangan sampai menyesal nantinya.

Kondisi tubuh seseorang saat lebaran biasanya dapat menurun secara drastis karena aktivitas tinggi dan pola makan tidak sehat. Cara menjaga kesehatan tubuh secara sederhana bisa dimulai sekarang juga, jangan sampai menyesal setelah liburan usai.
2013-08-09
Aku Sehatku, Updated at: 11:32

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :