Bahaya Dibalik Manfaat Minum Kopi Yang Belum Anda Ketahui

Khasiat secangkir kopi yang anda konsumsi setiap pagi hari pastinya sudah bukan rahasia lagi. Karena anda sendiri sudah bisa merasakan manfaat minum kopi secara langsung dari sejak pertama menikmatinya. Kandungan kafein di dalamnya akan membuat otak tetap hidup dan terjaga untuk memproses perintah dari bagian tubuh lain. Namun tahukah anda, ada bahaya mengancam jika anda meminumnya secara berlebihah?

biji coffee

Image courtesy of adamr / FreeDigitalPhotos.net


Seperti halnya kegunaan meminum teh, manfaat biji kopi sudah banyak dibuktikan dengan penelitian oleh pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia. Bahkan, minuman hitam ini merupakan satu-satunya minuman kesehatan yang mengandung kafein, asam hidroksisitrat, dan kromium. Kegunaan zat-zat tersebut adalah meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30%. Khasiat meminum kopi yang paling populer dan pasti anda tahu adalah menghilangkan rasa ngantuk.

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda saat mendengar kata 'kopi'?

Banyak orang hanya mengetahui kata kafein saat mendengar, melihat atau membaca tentang coffee. Tapi sebenarnya biji coffee mengandung ratusan senyawa kimia yang memiliki kegunaan berbeda bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman ini tumbuh di lebih dari 70 negara di seluruh dunia serta mempunyai sejarah perdebatan panjang tentang manfaat dan bahaya minum kopi secara berlebihan.

Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa meminum kopi dalam jumlah wajar akan menghasilkan manfaat yang ajaib bagi kesehatan organ-organ dalam tubuh. Dengan catatan, tidak ada penumpukan krim dan gula dalam tubuh anda.


Inilah 10 Manfaat Meminum Kopi Secara Teratur Tiap Hari

  1. Dapat membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk.
  2. Minum dua sampai empat cangkir kopi dalam sehari mampu mengurangi risiko bunuh diri pada pria maupun wanita dewasa.
  3. Kegunaan zat kafein pada coffee dapat membantu hati dalam menjalankan tugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkan kanker.
  4. Manfaat mengkonsumsi kopi hitam bisa membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan seseorang.
  5. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah anda menikmati secangkir minuman ini hangat.
  6. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin.
  7. Bagi orang yang sudah berumur, minum kopi dapat membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative.
  8. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein di dalamnya.
  9. Khasiat kesehatan yang diperoleh selanjutnya adalah membantu anda menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas.
  10. Kegunaan lain kafein yaitu membantu memperkuat otot-otot tubuh, sama seperti anda melakukan aktivitas olahraga ringan.

Apa Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh?

Seperti yang bisa anda lihat pada daftar manfaat di atas, mengkonsumsi coffee tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun demikian, konsumsi minuman apapun termasuk kopi – kecuali air putih – secara berlebih dapat menimbulkan efek buruk serta merugikan kesehatan tubuh manusia dan bahkan memperbesar resiko kematian.

Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.

dua cangkir

Kerugian konsumsi kopi bagi penampilan anda adalah menyebabkan gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap. Sedangkan untuk seorang pecandu yang tidak bisa meminum coffee dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Ini semua merupakan efek buruk minum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebih.

Sedangkan fakta di indonesia, sebagian besar pecinta minuman hitam ini selalu mengikutsertakan rokok dalam menikmati secangkir kopi hangat. Suatu kombinasi 'maut' yang bisa saja berujung kematian. Tentu anda sudah paham efek buruk sebatang rokok bagi kesehatan tubuh.

Kesimpulan sederhana yang bisa diambil adalah manfaat minum kopi tidak hanya menghilangkan kantuk, masih banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Pastikan anda menghitung dengan benar jumlah coffee yang sudah anda minum hari ini, jangan sampai anda menyesal di kemudian hari.
2013-08-18
Aku Sehatku, Updated at: 21:07

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :