Apa Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kecantikan?

Khasiat buah sirsak yang berguna bagi kesehatan tubuh bisa anda dapatkan dengan memakan secara langsung atau dibuat olahan seperti jus buah. Kandungan manfaat buah sirsak sudah terbukti ampuh melawan penyakit berbahaya seperti kanker. Tentu saja masih banyak kegunaan lain buah dengan kulit berduri ini yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat buah sirsak

Pasti anda pernah mencicipi nikmatnya minuman berbahan dasar buah dengan kulit berduri ini dalam sirup, jus maupun puding. Namun, sudahkah anda tahu khasiat buah sirsak yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Atau, anda hanya menikmati buah ini tanpa tahu manfaat dan kegunaannya?

Tahukah anda, nama buah sirsak berasal dari bahasa belanda zuurzak yang artinya kantung asam?

Selain buahnya berguna untuk memberi nutrisi pada tubuh, manfaat daun sirsak untuk obat sudah banyak digunakan sebagai ramuan tradisional berbagai macam penyakit sekelas kanker, hipertensi dan stroke.

Kandungan Vitamin Dan Mineral Dalam Buah Sirsak

Pada 100 gram buah sirsak terdapat berbagai jenis zat alami yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

  • 65 kkal kalori
    Kalori dalam buah sirsak berguna untuk menghasilkan energi tubuh yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

  • 1 gram protein
    Bila tubuh manusia kekurangan asupan protein, salah satu efek samping yang ditimbulkan adalah masalah kerontokan rambut.

  • 14 miligram kalsium
    Manfaat buah sirsak yang terdapat dalam kandungan kalsium berguna untuk menstabilkan berbagai fungsi tubuh seperti detak jantung.

  • 16,3 gram hidrat arang
    Disebut juga karbohidrat dan memiliki manfaat untuk memberi rasa kenyang pada tubuh serta menghasilkan tenaga.

  • 27 miligram fosfor
    Khasiat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu membantu proses pembentukan gigi dan tulang bayi yang dikandung.

  • 0,3 gram lemak
    Kandungan lemak dalam buah sirsak yang sedikit sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

  • 0,6 miligram zat besi
    Adanya zat besi dalam buah sirsak akan menjaga kualitas sel darah serta mencerahkan warna kulit wajah maupun kulit tubuh.

  • 10 miligram vitamin A
    Seperti halnya kandungan dalam wortel, vitamin A pada buah sirsak juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

  • 0,07 miligram vitamin B
    Vitamin B dalam buah sirsak akan mengatur proses metabolisme lemak, protein serta karbohidrat dalam tubuh.

  • 20 miligram vitamin C
    Selain berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, vitamin C bermanfaat dalam membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Tips Mendapat Khasiat Buah Sirsak Dalam Jus Buah

Bagi anda yang ingin menjalankan pola hidup sehat dari manfaat sirsak, olahan jus buah berikut ini tentu patut dicoba.

jus buah sirsak
Bahan-bahan :
  • 150 gram buah sirsak
  • 150 ml air dingin
  • 1 sendok makan gula pasir
Bersihkan buah dengan membuang bijinya kemudian haluskan memakai blender bersama semua bahan lain. Tuang dalam gelas saji dan jus buah sirsak siap dinikmati.


Khasiat Buah Sirsak Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

  1. Membunuh sel kanker
    Manfaat buah sirsak sebagai obat kanker alami sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai merk obat herbal. Selain itu, konsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk jus bisa melindungi sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

    Khasiat buah sirsak dipercaya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan serta membunuh sel kanker dibandingkan dengan kemo terapi.

  2. Mengobati ambeien secara alami
    Jika anda menderita ambeien, kegunaan buah sirsak bisa dibuat obat tradisional ambeien yang murah dan aman. Caranya peras buah yang sudah masak untuk diambil airnya 1 gelas kemudian minum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore hari.

  3. Obat herbal batu kandung kemih
    Khasiat sirsak untuk mengobati sakit kandung air seni dapat anda peroleh dengan meminum kolak buah sirsak. Sediakan buah setengah matang, gula dan garam dapur kemudian masak semua bahan tersebut sebagai kolak. Konsumsi ramuan herbal tersebut setiap hari selama 1 minggu untuk mengobati kandung kemih.

  4. Mengatasi diare pada bayi
    Untuk mengobati diare pada anak bayi, peras buah sirsak matang kemudian saring airnya. Minumkan pada bayi yang sedang diare 2 – 3 sendok makan.

  5. Manfaat sirsak untuk kecantikan
    Kandungan vitamin C dalam buah ini memiliki zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum jus buah secara teratur dapat membuat anda awet muda.

Manfaat dan khasiat buah sirsak bagi kesehatan serta kecantikan kulit dapat anda peroleh dengan mudah yaitu mengkonsumsi secara langsung maupun meminum jus buah sirsak. Kegunaan buah ini juga bisa dibuat ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit.
2013-08-02
Aku Sehatku, Updated at: 02:16

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :