10 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

Ketawa merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa. Manfaat tertawa bagi kesehatan mental maupun mental yang akan dibahas adalah ketawa dalam konteks luapan kegembiraan yang tidak dibuat-buat. Berbeda dengan senyuman yang hanya menarik sudut bibir ke samping, tertawa umumnya mengeluarkan suara unik dan berbeda pada masing-masing orang.

Dan dibalik keunikan tersebut, tersimpan rahasia khasiat tertawa yang dapat membuat tubuh lebih sehat, mental lebih kuat serta umur lebih panjang secara alami.

manfaat tertawa bagi kesehatan

Selama ratusan tahun, manfaat tertawa untuk kesehatan dikenal sebagai obat herbal alami karena efek fisiologis humor yang bermanfaat bagi mental atau jiwa setiap manusia.

Anda tidak bisa memaksa orang lain untuk tertawa, seseorang akan tertawa hanya jika ia menginginkannya.

Setiap orang juga memiliki rasa humor yang berbeda-beda, tidak semua cerita lucu yang dapat membuat anda tertawa bisa membuat orang lain ketawa juga. Begitu juga dengan foto atau gambar lucu yang mungkin menurut teman anda biasa saja.

Itulah indahnya tertawa, hanya anda yang bisa merasakannya.


Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik

  1. Mencegah berkembangnya hormon penyebab stres dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh.
  2. Ketawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tahukah anda, tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda?
  3. Tertawa menyediakan sarana pelepasan fisik dan emosional secara gratis, anda akan merasa dibersihkan setelah mengeluarkan tawa.
  4. Mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan memusnahkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.
  5. Mengubah perspektif "ancaman" sebagai "tantangan" yang positif sehingga menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri.
  6. Membakar kalori tanpa disadari. Tahukah anda, tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh?
  7. Menyehatkan orang disekitar anda karena tertawa itu menular sehingga dapat mengurangi tingkat stres mereka.
  8. Orang yang optimis cenderung lebih sehat dan kebal akan penyakit dibandingkan orang pesimis karen mereka lebih mudah tertawa.
  9. Dengan mental positif yang dimiliki, orang optimis memiliki kemungkinan besar berumur panjang karena selalu mengharap hal baik terjadi.
  10. Dapat memperbaiki mood dalam sekejap. Tahukah anda, tertawa memberikan stimulasi setara dengan makan cokelat 2000 bars?

Manfaat tertawa bagi kesehatan bisa anda dapatkan secara gratis tanpa perlu biaya apapun. Tubuh sehat dan mental positif merupakan senjata utama jika anda ingin memiliki umur panjang dan tidak mudah sakit. Sudahkah anda melepas tawa hari ini?
2013-08-10
Aku Sehatku, Updated at: 16:04

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :