Tips Perawatan Rambut Secara Alami Dengan Masker Rambut

Tips merawat kesehatan rambut menggunakan masker alami bisa dilakukan dengan berbagai macam bahan tradisional khas indonesia. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda serta dikhususkan untuk jenis rambut tertentu. Artinya tidak semua tipe rambut bisa memanfaatkan bahan yang sama, cara ini dimaksudkan agar penggunaan bahan alami tersebut bisa memberikan efek yang maksimal.

membuat ramuan alami untuk rambut

Image courtesy of artemisphoto / FreeDigitalPhotos.net


Selain terbukti aman digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut, metode ini bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa biaya mahal. Semua bahan baku yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. Jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa membuat masker rambut sendiri.


Cara Alami Menjaga Kesehatan Rambut Dengan Masker Tradisional

  1. Membuat obat tradisional penumbuh rambut
    Dengan memanfaatkan khasiat alami biji kemiri, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan mudah serta murah. Bahan ini memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut sehingga terlihat lebih tebal dan merata.

    Bahan-bahan
    • ½ sendok teh minyak cengkeh
    • ½ sendok teh minyak kelapa
    • 1 butir kemiri

    Bakar biji buah kemiri kemudian haluskan. Campurkan dengan minyak kelapa dan minyak cengkeh. Gunakan ramuan tradisional ini sebagai masker perawatan rambut rontok dengan cara mengoleskan pada kulit kepala yang mengalami kebotakan.
  2. Menyehatkan rambut dengan lidah buaya
    Tentu anda sudah sering mendengar khasiat daun lidah buaya untuk rambut, tapi tahukah anda bagaimana cara menggunakannya? Ternyata sangat mudah, cukup potong daun menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan lendir yang berwarna bening ke seluruh kulit kepala.

    Setelah dioleskan merata, pijat kulit kepala secara lembut dan perlahan agar khasiatnya bisa diserap secara maksimal oleh akar rambut. Lakukan langkah ini secara teratur dua kali dalam satu minggu.
  3. Cara Merawat Rambut Berminyak Dengan Kuning Telur
    Untuk anda yang memiliki jenis rambut berminyak, gunakan kuning telur ayam untuk merawat keindahan rambut secara alami. Salah satu kegunaan telur adalah mengurangi produksi minyak berlebih sehingga rambut indah anda tidak mudah terserang ketombe.

    Bahan-bahan :
    • 1 butir telur ayam
    • 1 buah jeruk nipis

    Pecahkan telur kemudian ambil kuningnya saja. Peras jeruk nipis dan campurkan airnya dengan kuning telur. Oleskan ramuan tadi pada seluruh bagian rambut lalu diamkan selama 20 – 40 menit kemudian keramas tanpa shampo dengan air dingin.
  4. Buah Jeruk Nipis Untuk Perawatan Rambut Kering
    Ada lagi bahan tradisional yang mudah didapatkan namun memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan rambut, jeruk nipis. Bukti nyata jika buah ini sangat bermanfaat adalah banyak digunakan sebagai bahan campuran berbagai ramuan alami. Ternyata, jeruk nipis juga bisa dipakai langsung tanpa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain.

    Ambil buah jeruk yang masih segar kemudian belah menjadi empat bagian. Peras airnya dan gunakan untuk memijat kulit kepala. Diamkan selama 30 menit kemudian cuci rambut menggunakan air dingin.
  5. Rambut Hitam Berkilau Secara Alami Dengan Biji Pepaya
    Selain buahnya enak untuk dimakan, pepaya juga mengandung khasiat luar biasa dalam bijinya yang bisa diolah sebagai ramuan penghitam rambut alami. Bagaimana cara membuatnya?

    Bahan-bahan :
    • Biji pepaya secukupnya
    • Minyak kelapa secukupnya

    Bersihkan biji pepaya dari kotoran yang menempel kemudian goreng tanpa minyak lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kelapa, aduk sampai tercampur rata dan gunakan sebagai masker rambut alami. Oleskan sambil dipijat perlahan lalu tutup memakai handuk. Tunggu 30 menit kemudian keramas dengan air dingin.
  6. Putih Telur Untuk Rambut Beruban
    Proses perubahan warna rambut menjadi putih bisa disebabkan oleh banyak faktor yaitu usia, kelainan genetik, konsumsi obat-obatan tertentu atau pola hidup tidak sehat. Bagi anda yang ingin menghitamkan uban rambut dengan ramuan tradisional, cobalah putih telur. Jika memungkinkan, pilih telur ayam kampung karena kandungan zat bermanfaat di dalamnya lebih banyak dibandingkan ayam petelur.

    Bahan-bahan :
    • 3 butir telur
    • ½ gelas air bersih
    • ½ sendok teh garam halus

    Pecahkan telur dan ambil putihnya saja kemudian campurkan dengan air serta garam halus. Aduk sampai benar-benar rata dan oleskan pada bagian rambut yang beruban. Pijat dari akar sampai ujung rambut lalu tunggu 2 – 3 jam sebelum keramas.
  7. Daun Kangkung dan Daun Sop
    Pernahkah anda memanfaatkan dedaunan untuk menghilangkan ketombe membandel? Tahukah anda, daun kangkung sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah ketombe? Tentunya anda lebih familiar dengan sayur kangkung yang dikonsumsi sehari-hari.

    Bahan-bahan
    • 5 lembar daun sop (seledri)
    • 5 lembar daun kangkung
    • 1 sendok teh garam dapur
    • 1 gelas air bersih

    Tumbuk daun sop dan daun kangkung sampai halus kemudian tambahkan garam dapur lalu campur dengan air bersih. Saring campuran tersebut dengan kain bersih dan gunakan pada rambut selama 20 - 30 menit. Kemudian keramas memakai shampo.

Memang masih banyak bahan-bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Namun anda harus pandai memilih bahan tersebut yang sesuai dengan jenis rambut anda. jangan sampai timbul masalah baru karena salah memilih bahan yang tidak cocok.
2013-07-14
Aku Sehatku, Updated at: 02:44

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :