Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini?

Merawat kesehatan gigi anak sejak dini merupakan cara terbaik untuk menjaga mulut dan gigi buah hati anda tetap sehat. Dari usia bayi sampai umur 5 tahun (balita), anda perlu mengajarkan pentingnya perawatan gigi agar tidak terjadi kerusakan maupun penyakit mulut saat dewasa. Tips merawat kesehatan gigi pada anak dengan benar hendaknya disertai unsur bermain agar tidak membosankan.

cara merawat kesehatan gigi anak

Image courtesy of Sura Nualpradid / FreeDigitalPhotos.net


Cara merawat kesehatan mulut dan gigi pada anak maupun orang dewasa sebenarnya tidak jauh berbeda. Untuk mengajari pentingnya perawatan gigi, anda bisa menyertakan teknik bermain sambil belajar yang tentu lebih menarik perhatian buah hati anda.

Tahukah anda, salah satu faktor penting gigi anak menjadi sehat dan kuat adalah konsumsi makanan bergizi sejak dalam kandungan?

Menurut seorang dokter gigi anak yaitu Drg. Asdi Zen, dalam proses pertumbuhannya, gigi memerlukan berbagai macam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, janin dalam kandungan ibu membutuhkan asupan mineral serta vitamin yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Jadi, cara terbaik merawat kesehatan gigi anak sejak dini adalah menjaga asupan gizi mulai dari masa kandungan. Salah satu contoh yaitu bila asupan fosfor kurang, maka lapisan email gigi akan memiliki pori-pori yang besar. Hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yaitu mudah rapuh dan berlubang serta munculnya masalah bau mulut.

Berikut ini vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan gigi anak sejak ibu masih hamil dan mengandung buah hati.
  • Vitamin A : susu, keju, hati, kuning telur, tomat, wortel
  • Vitamin C : mangga, jeruk, jambu biji, pisang
  • Vitamin D : ikan salmon, susu
  • Fosfor : daging ayam, ikan, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum
  • Kalsium : mentega, susu, ikan teri

Tips Mudah Cara Merawat Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

  1. Bersihkan gigi anak sejak bayi sesering mungkin yaitu, sehabis mengkonsumsi ASI dan makanan tambahan. Gunakan bahan-bahan yang lembut seperti tisu, kasa atau lap lembut.

  2. Ajarkan kebiasaan menggosok gigi dengan cara yang benar. Berikan contoh secara langsung dan jangan memaksa anak untuk menyikat gigi.

  3. Ajarkan pada anak untuk tidak menggosok gigi terlalu menekan karena dapat menyebabkan kerusakan gusi anak.

  4. Cara merawat gigi anak agar tidak mudah retak, hindari minuman dingin setelah makan makanan panas atau sebaliknya.

  5. Beritahu pada anak tentang manfaat meminum air putih dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi secara alami.

  6. Biasakan anak untuk mengunyah makanan menggunakan gigi geraham kanan dan kiri secara seimbang. Tujuannya agar pertumbuhan rahang sempurna.

  7. Jangan biarkan anak menggigit dan merobek kemasan jajanan memakai gigi karena selain menimbulkan nyeri, hal ini bisa membuat gigi anak goyang.

Merawat kesehatan gigi anak sejak dini bisa dimulai dari dalam kandungan dengan cara memberikan asupan nutrisi vitamin maupun mineral yang bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan gigi. Senyum sehat dan nafas segar sang buah hati tentu menjadi kebahagiaan yang tak terkira untuk anda.
2013-07-29
Aku Sehatku, Updated at: 00:02

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :