Bagaimana Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang?

Cara merawat rambut kering tentunya berbeda serta membutuhkan perlakuan khusus pemiliknya. Hal ini merupakan pertanda bahwa kesehatan mahkota anda tidak dijaga dengan baik. Kurangnya nutrisi alami serta metode yang tidak benar menjadi penyebab utama masalah tersebut. Untuk mencegah rambut menjadi rapuh kemudian rontok, berikut tips alami dan sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

mahkota wanita

Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net


Bagi seorang wanita seperti anda, rambut adalah mahkota kecantikan yang tak ternilai harganya. Menjaga kecantikan alami adalah suatu keharusan dengan cara merawatnya setiap hari setiap waktu. Mungkin saat ini anda belum sadar betapa berharganya kesehatan dan keindahan rambut jika belum pernah mengalami kerusakan serius.

Oleh karena itu, mulailah rajin menjaga dan merawatnya mulai dari sekarang! Jangan ditunda-tunda lagi.

Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan masalah rambut menjadi kering serta rapuh harus dikurangi, bila perlu dihilangkan sekalian. Cara mengatasi masalah yang benar haruslah sesuai akar permasalahannya. Tips merawat rambut mengembang tentu saja berbeda dengan jenis rambut berminyak yang disebabkan oleh produksi minyak di pori-pori kulit kepala berlebih.

Jika masalah minyak berlebih bisa memicu munculnya ketombe maka perawatan rambut kering secara alami bertujuan untuk mencegah kerontokan tanpa anda sadari. Meskipun sebagian orang terlahir dengan jenis rambut kering, anda bisa melakukan perawatan alami sederhana untuk menjaga keindahan serta kesehatannya.

Apa Saja Yang Menyebabkan Rambut Menjadi Kering?

  • Efek buruk sinar matahari yang terlalu panas dan menyengat
  • Penggunaan pewarna yang mengandung zat kimia keras
  • Efek buruk klorin di kolam renang maupun air panas
  • Metode perawatan yang salah seperti terlalu sering memakai shampo, menggunakan alat penata seperti hair dryer dan hot roller

Berbeda lagi jika tidak pernah membersihkan dengan keramas. Memang shampo yang cocok bisa merawat keindahan maupun kesehatan rambut. Tetapi jika anda salah memilih merk shampo maka bisa menimbulkan masalah serius.


Bagaimana Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang?

  1. Jangan menggunakan shampo secara berlebih
    Penggunaan shampo saat keramas merupakan penyebab utama rambut menjadi kering. Tentu tidak masalah jika memakainya 2 – 3 hari sekali namun, jika anda keramas dengan shampo setiap hari justru bisa menghilangkan minyak alami.

    Tidak benar juga bila anda memakai shampo 1 bulan sekali. Bersihkan rambut memakai shapoo paling tidak 3 hari sekali untuk merangsang produksi kelenjar minyak pada kulit kepala.
  2. Sayangi setulus hati anda
    Karena memang lebih mudah patah, bercabang serta mengembang, lakukan perawatan dengan lembut saat keramas maupun memijat kulit kepala. Hindari menggosok dengan kuku jari atau pun menarik dengan keras. Ini bertujuan untuk menghindari kerontokan serta mencegah iritasi kulit kepala.
  3. Tips menyisir yang benar
    Tahukah anda, menyisir rambut saat basah bisa menyebabkan kerontokan? Kondisi rambut yang masih basah bila langsung disisir akan mudah rapuh dan patah. Tunggu sampai kering atau bisa memakai handuk untuk mengusap secara perlahan. Pilihlah juga sisir yang lembut, terutama yang memiliki karet di ujung-ujung anak sisirnya.
  4. Memilih kondisioner yang cocok
    Jika anda memakai kondisioner untuk merawat rambut, pilih yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol dapat membuat rambut semakin rusak, mudah rapuh dan kemudian patah satu per satu.
  5. Biarkan terurai saat tidur
    Jika anda suka memakai pengikat atau pun bando, lepaskan saat akan tidur. Tujuannya untuk membuat rambut terurai sehingga mencegah mengembang di pagi hari selain itu juga membuat akar rambut bebas bernafas.
  6. Manfaatkan khasiat alami jeruk nipis
    Buah jeruk nipis berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala serta membuat rambut sehat berkilau. Cara memakai bahan alami ini cukup memijat kulit kepala secara perlahan dengan air perasan jeruk nipis. Tunggu 30 menit kemudian keramas dengan air bersih.
  7. Perhatikan alat penata
    Anda bisa menggunakan hair dryer untuk menata maupun mempercepat proses pengeringan namun atur hair dryer dalam panas kecil lalu hindari menariknya saat terkena panas. Cara ini bertujuan mencegah rambut mengembang akibat kekeringan .

Perhatikan tips cara merawat rambut kering dan mengembang di atas agar keindahan mahkota anda tetap terjaga secara alami. Jangan pernah menyepelekan perawatan rumahan karena jauh lebih murah, aman serta tidak membahayakan kesehatan rambut.
2013-07-11
Aku Sehatku, Updated at: 21:39

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :