Apa Obat Sakit Gigi Untuk Anak Yang Paling Ampuh?

Masalah sakit gigi pada anak balita bisa disembuhkan dengan obat sakit gigi untuk anak yang anda buat sendiri. Karena anak-anak yang malas menggosok gigi secara teratur setiap pagi dan malah hari maka muncul kerusakan seperti gigi berlubang serta keropos. Ada beberapa cara mudah untuk mengobati rasa sakit yang diderita anak menggunakan bahan-bahan tradisional di sekitar anda.

obat sakit gigi anak

Image courtesy of Phaitoon / FreeDigitalPhotos.net


Bagi orang tua, mengajari anak untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini merupakan suatu keharusan untuk menjaga kondisi gigi tetap kuat dan tidak mudah keropos. Membuat obat sakit gigi untuk anak dengan ramuan tradisional bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar anda. Namun sebagai orang tua anda harus memahami bahwa cara ini bersifat sementara artinya anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter gigi anak agar masalah sakit gigi ini tidak bertambah parah.


Apa Penyebab Sakit Gigi Pada Anak Anda?

Umumnya gigi geraham berlubang merupakan masalah yang sering dihadapi karena buah hati tidak membersihkan gigi dengan baik dan benar. Namun, ada juga penyebab lain yang harus anda ketahui.
  • Rusaknya lapisan email gigi yang membuat gigi berlubang sehingga menyebabkan anak balita menangis karena rasa nyeri dan cenat-cenut yang dialami.
  • Efek samping konsumsi obat-obatan yang diminum saat ibu mengandung
  • Kurangnya nutrisi dan vitamin penunjang pertumbuhan gigi sejak dalam masa kandungan ibu
  • Efek buruk laktosa pada susu kemasan yang diminum saat bayi bisa menyebabkan pengikisan lapisan gigi susu
  • Orang tua tidak mengajari anak cara menggosok gigi yang baik sehingga masih ada sisa-sisa makanan yang tertinggal


Inilah Berbagai Macam Obat Sakit Gigi Untuk Anak

  1. Daun cabai merah
    Ambil daun cabai merah yang masih muda kemudian teteskan getahnya pada gigi anak yang berlubang.

  2. Batang kemuning
    Siapkan batang tumbuhan kemuning yang ukurannya tidak terlalu besar. Bakar batang kemuning tersebut kemudian teteskan minyak yang keluar ke dalam gigi yang berlubang.

  3. Air garam dapur
    Obat sakit gigi untuk anak yang satu ini merupakan cara paling mudah untuk menyembuhkan rasa sakit pada gigi. Campurkan air hangat dengan garam dapur kemudian pakai ramuan tradisional ini untuk berkumur.

  4. Minyak cengkeh
    Teteskan minyak cengkeh pada kapas secukupnya kemudian oleskan perlahan ke gigi anak yang terasa sakit.

  5. Biji buah alpukat
    Sediakan 1 biji buah alpukat kemudian goreng tanpa minyak (sangrai). Tumbuk sampai menjadi bubuk lalu oleskan pada gigi anak yang berlubang.

Membuat obat sakit gigi untuk anak menggunakan bahan tradisional di atas memang ampuh menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Namun demikian, konsultasi ke dokter gigi anak adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah sakit gigi.
Aku Sehatku, Updated at: 17:40

Bagikan ke :