Bagaimana Cara Mengatasi Dan Merawat Wajah Berminyak?

Mengatasi wajah berminyak dengan cara merawat kulit muka secara tepat dan benar bukan hal yang sulit. Kulit wajah yang mengeluarkan minyak berlebih disebabkan oleh berbagai hal seperti jenis kulit dan perawatan yang tidak benar. Ada tips sederhana untuk menghilangkan minyak di wajah cantik anda dan ada juga cara alami menggunakan masker tradisional.

Membersihkan wajah berminyak

Kulit berminyak sebenarnya tidak begitu merugikan karena bisa merawat kelembaban dan kesehatan kulit wajah anda. Namun jika jumlah yang dikeluarkan berlebih, maka akan mengganggu penampilan cantik anda.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan menggunakan bedak tidak lah manjur. Selain hanya bisa menghilangkan minyak sementara, bedak justru bisa memicu munculnya masalah jerawat di muka anda.

Beberapa Cara Sederhana Merawat Wajah Berminyak

  1. Rajin membersihkan wajah
  2. Menggunakan pembersih wajah (cleanser) pada pagi dan malah hari adalah cara paling ampuh untuk mengatasi kulit berminyak. Pilih pembersih yang bersifat lembut (gentle cleanser). Manfaatkan busa yang dihasilkan sebaik mungkin karena busa dari pembersih dapat menghilangkan minyak dari pori-pori kulit.
  3. Gunakan toner wajah
  4. Toner merupakan produk kecantikan yang modern serta cocok untuk jenis wajah yang berminyak. Namun demikian, cara menggunakan toner untuk jenis kulit anda harus anda diperhatikan. Gunakan toner hanya pada daerah kulit yang banyak mengeluarkan minyak seperti hidung, dahi dan dagu (area T) serta hindari penggunaan pada area muka yang kering.
  5. Menggunakan masker alami
  6. Merawat kulit wajah dengan cara tradisional dapat anda lakukan dengan menggunakan masker buah dan bahan lainnya :
  7. Memakai kertas minyak
  8. Jika anda ingin menghilangkan minyak di wajah secara cepat, gunakan kertas minyak. Kertas jenis ini banyak dijual di toko maupun apotek terdekat. Cara menggunakannya adalah tempelkan kertas di wajah cantik anda, diamkan selama 15 – 20 detik kemudian angkat secara perlahan.
  9. Pilih pelembab bebas minyak
  10. Bagaimana jadinya bila memakai pelembab di wajah anda yang berminyak? Tentu akan membuat kulit tambah mengkilat dan mengurangi rasa percaya diri anda. Oleh karena itulah, pilih pelembab wajah yang mengandung oil-free moisturizer atau pelembab bebas minyak.

Mengatasi kulit wajah berminyak memang harus menggunakan perawatan khusus. Selain membersihkan minyak di wajah, mencegah dan menguranginya langsung dari pori-pori akan menjaga kulit tetap segar dan sehat.
2013-06-08
Aku Sehatku, Updated at: 23:01

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :