Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Mudah?

Menghilangkan bau kaki tidak sedap bisa dilakukan dengan cara mudah, murah serta cepat. Munculnya aroma menyengat di area ini disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri sehingga memicu bau di kaki anda. Selain itu, sepatu dan kaos kaki yang kotor juga menjadi pemicu masalah tersebut. Jika anda tidak rajin membersihkan seluruh jari-jari dan kuku maka, bakteri akan mudah berkembang biak sehingga tercium bau tidak sedap dari kaki anda.

Mengatasi kaki berbau

Tidak seperti bau badan yang bisa dihilangkan dengan ramuan alami daun sirih, aroma menyengat di kaki memang ditimbulkan oleh bakteri. Karena tempatnya tertutup, lembab dan gelap maka bakteri tersebut dapat berkembang biak dengan mudah tanpa anda disadari.

Cara mengatasi masalah bau pada kaki sebenarnya mudah, anda harus memperhatikan apa saja penyebab munculnya aroma tak sedap tersebut sehingga nantinya setelah menghilang, bau tersebut tidak muncul lagi dikemudian hari.

Apa Penyebab Munculnya Bau Pada Kaki Anda?
  • Keluarnya keringat yang diolah menjadi bau oleh bakteri
  • Tidak rajin merawat kebersihan kuku kaki
  • Menggunakan kaos kaki basah
  • Memakai sepatu yang tidak pernah dicuci
  • Adanya luka pada area telapak kaki hingga menimbulkan infeksi
  • Memakai sepatu dengan ukuran terlalu sempit

Tahukah anda? Keringat sebenarnya tidak berbau namun, bakteri pada permukaan kulit lah yang mengolah keringat hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dan Cara Mencegahnya

  1. Rendam kaki bau anda dengan air teh secara rutin minimal satu minggu sekali. Atau bisa juga memakai air perasan jeruk nipis.
  2. Jaga kondisi telapak kaki tetap kering untuk mencegah perkembangan bakteri penyebab bau. Gunakan sabun anti-bakteri untuk mencuci kaki.
  3. Saat anda memotong kuku, hati-hati membersihkan kotoran pada celah-celah jempol. Ini bisa menimbulkan infeksi dan membuat kaki berbau.
  4. Hindari penggunaan kaos kaki dan sepatu basah, anda bisa membungkus kaki menggunakan plastik jika terpaksa.
  5. Pilih sepatu yang memiliki lubang ventilasi untuk menjaga sirkulasi udara sehingga kaki tidak berkeringat karena kepanasan.
  6. Bila sepatu anda basah, masukkan beberapa lembar tisu atau kertas koran untuk menyerap air sehingga sepatu lebih cepat kering
  7. Jika anda wanita yang memakai stocking, pilih stocking yang berbahan dasar katun agar mudah menyerap keringat
hilangkan bau sepatu
Untuk menghilangkan bau sepatu, masukkan bubuk kopi yang dibungkus tisu ke dalam sepatu, atau bisa juga menggunakan 'silica gel'

Silica gel adalah bungkusan kecil yang terdapat dalam kardus saat anda membeli sepatu baru. Umumnya bertuliskan 'DO NOT EAT', anda sudah membuangnya?


Kunci utama untuk mencegah, mengatasi dan menghilangkan bau kaki adalah merawat kebersihan telapak kaki termasuk jari-jari dan kuku serta memperhatikan kebersihan sepatu dan kaos kaki yang anda gunakan. Jangan menyepelekan masalah ini karena anda tidak tahu kapan penampilan anda terganggu akibat masalah bau tak sedap.
Aku Sehatku, Updated at: 18:19

Bagikan ke :