Apa Saja Ciri Ciri Madu Asli dan Murni?

Ditulis oleh ,
Madu asli dan murni memiliki ciri – ciri khusus yang membedakan dengan madu palsu. Memilih kualitas madu asli tentu harus teliti dan hati – hati, jangan sampai anda tertipu oleh warna dan tampilan botol saja. Tanda – tanda yang mudah terlihat seperti warna kuning cerah tidak serta merta menjadikan jaminan keaslian madu tersebut. Berikut, cara memilih madu asli yang masih murni.

Tidak semua madu memiliki rasa manis, madu hitam memiliki rasa pahit namun sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

ciri ciri madu yang asli dan masih murni

Cara mengetahui keaslian dan kemurnian madu


Madu adalah cairan yang menyerupai sirup dan dihasilkan dari nektar bunga yang diolah oleh lebah. Rasa manis pada madu berasal dari zat glukosa yang terkandung di dalamnya.

Madu memiliki khasiat alami yang luar biasa, untuk kecantikan misalnya, madu merupakan bahan alami perawatan kulit wajah dan bisa membuat bibir lebih lembab serta berwarna merah merona.


Untuk membedakan madu asli dan madu yang sudah dicampur dengan bahan lain (palsu) caranya mudah saja. Tanda – tanda madu asli sangat jelas sehingga anda tidak akan mudah tertipu namun, anda harus sedikit teliti dan melakukan tes sederhana.


Inilah Ciri Ciri Madu Yang Masih Asli dan Murni

  1. Tidak ada endapan (buih) pada botol
    Perhatikan bagian dasar botol penyimpanan, madu asli tidak memiliki endapan atau buih yang berwarna putih pada bagian dasar botol penyimpanan madu. Jika ada buih pada botol madu maka madu tersebut sudah terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan telah mengalami proses fermentasi.

  2. Tetesan madu tidak terputus
    Celupkan benda ke dalam botol madu kemudian angkat benda tersebut. Madu murni akan menetes tanpa terputus dan jika tetesan madu terputus-putus, itulah tanda madu palsu.

  3. Tidak tembus kertas
    Ciri khas madu asli adalah kental dan memiliki kandungan air sedikit. Teteskan sedikit di atas kertas tipis, jika madu tersebut masih murni maka tidak akan menembus kertas.

  4. Jika dipanasi menggelembung
    Madu yang asli akan menghasilkan gelembung-gelembung udara jika dipanasi. Berbeda dengan gula yang akan menghasilkan buih seperti air mendidih.

  5. Tidak mengering
    Oleskan sedikit di telapak tangan kemudian jemur sebentar di bawah terik matahari. Madu yang masih murni tidak akan mengering sedangkan madu palsu akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan.

  6. Berbentuk sarang lebah
    Tuangkan madu ke dalam piring berwarna bening kemudian tambahkan air secukupnya. Goyangkan piring tersebut sampai madu dan air tercampur, jika madu tersebut masih asli maka akan terbentuk sarang lebah.

Mengetahui keaslian madu dapat dilakukan dengan cara yang mudah seperti di atas. Ciri ciri madu asli dapat dibuktikan dengan melakukan tes sederhana sebelum membeli madu.

Madu manuka atau Manuka Honey merupakan jenis madu paling mahal. Madu hitam adalah madu dengan rasa pahit yang diambil di hutan liar dan berkhasiat untuk kesehatan. Jangan sampai anda tertipu membeli madu langka tanpa mengetahui keaslian dan kemurniannya.

Bagikan Resep :