Apa Manfaat Dan Khasiat Buah Pare Untuk Kesehatan?

Meskipun bentuknya aneh dan rasanya pahit, manfaat pare sudah digunakan dalam bidang kesehatan sejak jaman dahulu. Kegunaannya yang beragam menjadikan tanaman ini banyak dicari orang untuk dibuat ramuan obat herbal atau dikonsumsi sebagai sayur pendamping nasi. Tanaman ini masih banyak dijumpai di pedesaan atau perkebunan karena cara menanamnya yang mudah serta tidak membutuhkan banyak biaya tanam.

gambar pare setelah diolah

Bentuk buah pare yang memanjang dan bergerigi serta memiliki rasa pahit mungkin terlihat tidak enak untuk dimakan. Namun jangan salah, khasiat pare sangat banyak dan beragam mulai dari menjaga kesehatan tubuh sampai menyembuhkan penyakit. Ada beberapa orang yang terbiasa memakan buah ini tanpa direbus atau dimasak sesudah merasakan peningkatan kondisi tubuh.

Tahukah anda, daun akar dan biji pare banyak digunakan untuk bahan utama obat herbal tradisional?

Nama lain buah ini adalah labu pahit atau karela yang sudah lama terbukti berkhasiat mengobati kencing manis secara alami. Namun demikian, anda dilarang memakan pare bersamaan dengan obat anti-diabetes dari dokter karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain.


Inilah Manfaat Buah Pare dan Cara Menggunakannya

  1. Obat tradisional diabetes
    Penyakit kencing manis atau diabetes dapat diobati dengan cara mengkonsumsi 50 – 60 ml jus buah pare setiap hari. Dosis yang lebih tinggi tidak disarankan karena bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Untuk ibu hamil, anak-anak dan anda yang memiliki kadar gula rendah tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kesehatan.
  2. Perawatan kulit wajah
    Bagi anda wanita yang ingin merawat kecantikan kulit wajah secara alami, gunakan masker pare. Anda bisa menambahkan milk cleanser untuk mengurangi bau pahit yang menyengat. Manfaat untuk kulit wajah adalah menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultra violet sehingga mencegah noda hitam dan munculnya tanda-tanda penuaan.
    Baca di sini untuk mengetahui selengkapnya.
  3. Bijinya sebagai anti HIV/AIDS
    Penelitian oleh Prof Lee-Huang dari Universitas New York menemukan bahwa dalam biji pare tua terdapat senyawa yang berkhasiat mencegah perkembangan virus HIV/AIDS. Meskipun sampai saat ini belum ada keterangan resmi obat HIV dari biji buah pare, penemuan ini memicu perkembangan dunia kedokteran dalam memerangi penyakit mematikan ini.
  4. Melawan tumbuhnya kanker
    Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah pare mengandung zat lesichin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh membunuh perkembangan sel kanker. Anda bisa mengkonsumsi pare mentah atau atau direbus dahulu untuk mendapatkan khasiatnya.
  5. Manfaat akar dan daun pare
    Selain buah dan bijinya yang berkhasiat, akar tanaman pare juga bermanfaat untuk mengobati wasir serta infeksi usus. Daun nya berguna untuk mengatasi demam dan bisul.

Pemanfaatan tanaman pare sebagai bahan dasar obat herbal menjadi salah satu tanda berlimpahnya khasiat alami yang diberikan tuhan pada manusia. Anda bisa memperoleh manfaat pare dengan mengkonsumsi secara langsung, dibuat minuman jus, atau diolah sebagai masakan tumis, kapsul maupun teh herbal.
Aku Sehatku, Updated at: 19:52

Bagikan ke :