10 Khasiat Daun Pepaya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Dengan ciri khas rasa pahit, manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh tidak lah sedikit dan main-main. Banyak produk obat herbal yang berbahan dasar daun kates dengan beragam kegunaan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Contoh nyata penggunaan daun ini untuk mengatasi masalah kesehatan secara alami adalah mengurangi nyeri haid, menghilangkan jerawat di wajah dan lain sebagainya.

Selain daun nya berkhasiat, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh serta menghaluskan kulit wajah dan bijinya berguna sebagai bahan alami penghitam rambut.

daun pepaya mentah

Konsumsi daun pepaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh


Daun dengan rasa pahit yang khas ini sudah terbukti memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi daun kates namun tidak menyukai rasanya, berikut tips mudah menghilangkan rasa pahit daun pepaya.

Pilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah :
  • Sebelum direbus, remas-remas daun dengan garam dapur sampai layu dan mengeluarkan air.
  • Rebus daun kates dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10 dimana 3 lembar daun pepaya direbus bersama 10 lembar daun jambu biji
  • Tambahkan 1 genggam tanah liat atau batu bata saat merebusnya. Jangan lupa cuci setelah matang agar tetap bersih saat dimakan

Tahukah anda, rasa pahit pada daun pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpain?

Senyawa penyebab rasa pahit ini mempunyai kegunaan untuk menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi dan membunuh mikroba penyebab berbagai penyakit.


Inilah Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Obat Penambah Nafsu Makan
    Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.

    Berikan jamu penambah nafsu makan ini 2 - 3 hari sekali, jangan terlalu sering. Untuk anak-anak, porsinya jangan terlalu banyak. Cukup 1/4 gelas saja.
  2. Melancarkan Pencernaan
    Cukup mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi tumis sayur maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.
  3. Manfaat daun pepaya untuk wanita
    Khusus bagi wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah dan aman, cobalah ramuan jamu tradisional daun pepaya. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan jamu tersebut agar nyeri haid bisa berkurang.

    Wanita hamil sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi daun pepaya (dalam bentuk olahan apapun) karena beresiko memberikan efek buruk pada janin dalam kandungan.
  4. daun pepaya mentah

    Jamu daun pepaya berguna untuk mengobati rasa sakit saat haid

  5. Menghilangkan Jerawat Di Wajah
    Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun ini adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.
  6. Mencegah Penyakit Kanker
    Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.
  7. Mengempukkan Daging
    Manfaat lain daun ini adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun kates lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.
  8. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.
  9. Mengobati Demam Berdarah
    Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun tersebut secara teratur sampai demam berdarah sembuh.
  10. Melancarkan ASI Ibu Menyusui
    Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.
  11. Memperkuat Tulang Dan Gigi
    Konsumsi sayur daun pepaya secara teratur dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan tulang lebih sehat.


5 from 18 reviews

Jus Daun Pepaya Mentah


 
jus daun daun pepaya
Waktu penyajian
Total waktu
 
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 85.4 kkal

Bahan-bahan
  • 50 gram daun pepaya
  • 1/2 gelas air putih matang
  • Potongan es batu
  • 1 sdm madu
Cara membuat jus
  1. Daun pepaya dipilih yang sudah tua, cuci bersih. Kemudian rendam selama 15 menit. Cuci lagi dengan air mengalir.
  2. Masukkan daun pepaya dan air matang ke dalam blender, haluskan.
  3. Tuang ke gelas saji, tambahkan potongan es batu agar jus lebih segar.
Catatan :
Manfaat jus daun pepaya adalah untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan panas demam dan mencegah infeksi akibat virus, jamur, bakteri maupun parasit.
2013-06-22
Aku Sehatku, Updated at: 17:33

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :