Khasiat Buah Strawberry Yang Belum Anda Ketahui

Siapa yang tidak kenal buah berwarna merah menyala ini? Tahukah anda manfaat buah strawberry bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah? Tentu anda lebih mengenal buah ini dari resep kue atau berbagai jenis minuman segar.

Dalam dunia kesehatan, khasiat buah strawberry sudah tidak diragukan lagi. Selain mencegah penuaan dini karena mengandung zat anti oksidan, buah dengan bintik hitam ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, obat penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

gambar strawberry

Image courtesy of Pixomar / FreeDigitalPhotos.net


Nama lain buah dengan sejuta manfaat ini adalah Fragaria yang artinya aroma sedap.
Tahukah anda, kandungan vitamin C dalam strawberry lebih banyak dibanding buah jeruk? Selain itu, kandungan alami yang berguna diantaranya anti-oksidan, serat, folat, potassium, asam ellagic dan tentunya rendah kalori.

Bagaimana Cara Memilih Buah Strawberry Segar?

  • Untuk mengetahui kesegaran buah, tekan strawberry secara perlahan, jika terasa lembek maka sudah tidak segar lagi.
  • Warna merah terang menandakan kesegaran masih terjaga, hindari memilih warna kusam dan tidak mengkilap.
  • Strawberry yang lezat memiliki kandungan air tinggi, cobalah membeli di perkebunan untuk mendapat khasiat buah secara utuh.
  • Jika anda memilih ukuran yang besar, salah! buah strawberry ukuran kecil atau sedang memiliki rasa lebih manis daripada ukuran besar.
  • Setelah membeli, buah tidak usah dicuci langsung disimpan saja. Cara ini untuk mencegah proses pembusukan lebih cepat. Saat akan diolah, barulah strawberry dicuci agar kesegaran tetap terjaga.

Berikut ini 8 kegunaan buah strawberry untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.
  1. Mengurangi resiko berbagai jenis penyakit kanker
    Dengan mengkonsumsi satu gelas jus strawberry segar setiap hari, anda akan terhindar dari penyakit kanker leher rahim, payudara, kolon dan tenggorokan.
  2. Meningkatkan kemampuan otak serta menjaga penglihatan mata tetap tajam.
  3. Menjaga kesehatan lambung dan mencegah oksidasi karena radikal bebas
    Berkat kandungan vitamin C serta anti oksidan dalam buah strawberry yang memiliki manfaat untuk menyehatkan lambung sekaligus mengatasi radikal bebas.
  4. Mencegah penyakit leukimia, anemia serta tumor ganas.
    Dua macam zat yang ada di dalamnya yaitu 'stroberi amine' dan 'asam tanae' memiliki efek mengekang pertumbuhan tumor ganas dalam tubuh.
  5. Menyusutkan kadar kolesterol karena kaya akan serat.
  6. Menjauhkan serangan jantung dan stroke karena mampu mencegah penggumpalam darah.
  7. Bagi ibu hamil, manfaat strawberi dapat dilihat dari kandungan asam folat yang mampu mencegah cacat tabung syaraf pada janin.
  8. Menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan potasium yang berlimpah.

Apa Manfaat Buah Strawberry Untuk Kecantikan Wajah?

Tidak hanya enak untuk dimakan, ternyata buah berwarna merah ini juga berguna untuk menjadikan kulit wajah lebih segar dan cerah secara alami. Caranya dengan membuat maker muka sederhana berikut ini.

Kandungan zat alami yang penting untuk menutrisi kulit seperti vitamin B1, B2, C, E, A, dan K bisa anda dapatkan dengan membuat masker buah strawberry.

  1. Jika bisa, pilih buah yang masih segar kemudian cuci bersih, buang tangkai dan daunnya
  2. Haluskan lalu usapkan pada semua bagian kulit wajah
  3. Tunggu 15 – 30 menit kemudian cuci muka dengan air bersih

Semua khasiat buah strawberry yang mengagumkan bagi kesehatan maupun kecantikan wajah bisa didapatkan secara maksimal jika anda mendapatkan buah yang masih segar. Perhatikan juga tips memilih serta menyimpannya agar semua kebaikan alam yang terkandung di dalamnya bisa anda nikmati.
2013-02-23
Aku Sehatku, Updated at: 01:08

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :