Inilah Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Posisi tidur yang baik bagi kesehatan adalah tidur yang sesuai dengan kondisi tubuh anda. Jika seseorang tidur dalam posisi yang tidak baik, akan muncul masalah gangguan kesehatan. Contoh mudah yaitu saat anda bangun tidur dan merasa pegal-pegal maka dapat dipastikan anda tidur dalam posisi salah. Mengetahui jenis posisi tidur terbaik untuk kesehatan bertujuan untuk menghindari rasa sakit yang dialami tubuh saat terbangun.

posisi tidur baik untuk kesehatan

Image courtesy of Sira Anamwong / FreeDigitalPhotos.net


Banyak penelitian yang sudah dilakukan ahli kesehatan untuk mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik untuk kesehatan mempengaruhi kondisi kebugaran tubuh seseorang. Umumnya, terjadi perubahan posisi dalam tidur sebanyak 3 hingga 30 kali dalam satu malam. Ini merupakan hal yang normal serta wajar dan bahkan, tidur dalam posisi tetap bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh.

Apabila anda pernah mengalami pegal-pegal, serta rasa sakit di bagian leher maupun bahu maka itu merupakan suatu pertanda bahwa anda salah posisi saat tertidur. Efek pegal tersebut bisa hilang dalam waktu singkat dan mungkin bisa dirasakan selama berhari-hari lamanya.

Jadi, tidak ada salahnya mengetahui tips posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh serta sesuai dengan kondisi badan masing-masing.


Bagaimana Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh?

  • Agar tidak mendengkur saat tidur
    Bagi anda yang suka mendengkur di malam hari saat tertidur pulas, posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan atau kiri. Memang, mendengkur merupakan tanda bahwa orang tersebut sedang tidur dengan nyenyak namun kebiasaan buruk ini bisa mengganggu orang lain.

    Tidur terlentang akan menyebabkan penyempitan di tenggorokan dan mengakibatkan susah bernafas. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi anda yang suka tidur mendengkur. Selai itu, posisi tidur miring akan membuka saluran nafas atas dan bisa mengurangi dengkuran.

  • Penderita sakit punggung
    Bagi penderita sakit punggung, posisi tidur yang baik yaitu terlentang. Berbeda dengan orang yang suka mendengkur, penderita sakit punggung harus menjaga posisi badan tetap lurus mendatar. Sebaiknya, gunakan kasur khusus yang lebih empuk untuk menghindari sakit lebih parah.

  • Penderita asam lambung
    Penelitian terbaru menemukan bahwa posisi tidur terbaik untuk penderita asam lambung adalah miring ke satu sisi saja. Posisi tidur ini dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan anda.

  • Posisi tidur ibu hamil
    Dan yang terakhir, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah tidur di satu sisi. Disarankan oleh ahli kesehatan untuk tidur di sisi kiri. Tujuannya adalah agar asupan darah serta nutrisi bisa sampai ke bayi yang sedang dikandung ibu.

    Ibu juga bisa menaruh bantal di bawah perut untuk membantu menghilangkan rasa nyeri pinggang saat sedang tidur.

Tips posisi tidur yang baik bagi kesehatan harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Kesehatan tubuh tidak hanya bisa diperoleh dari makanan bergizi atau pun olahraga teratur namun, bisa juga dari posisi tidur terbaik.
2013-01-25
Aku Sehatku, Updated at: 13:37

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :