Tips Merawat Kuku Tangan Dan Kaki Dengan Bahan Alami

Ditulis oleh ,
Merawat kebersihan kuku sering kali terlupakan oleh banyak orang tidak terkecuali anda. Bagian tubuh yang satu ini juga memerlukan perawatan agar sehat dan bersih. Kuku yang tidak sehat dapat menimbulkan gangguan penyakit misalnya diare atau sakit perut. Banyak kuman penyebab penyakit yang dapat bersembunyi di sela-sela kuku tangan maupun kaki.

membersihkan kuku secara alami

Mungkin bagi seorang pria, kuku bukan lah hal penting dan tidak perlu mendapatkan perhatian lebih. Namun untuk seorang wanita, bagian tubuh ini sangatlah penting dalam menunjang penampilan cantiknya. Jadi, jangan heran jika seorang wanita bersedia mengeluarkan uang untuk melakukan manicure dan pedicure di salon kecantikan.

Bagi anda yang ingin merawat kuku tangan dan kaki tanpa perlu mengeluarkan biaya, cobalah salah satu cara tradisional berikut ini. Selain gratis dan bisa dilakukan sendiri, metode ini aman digunakan sehingga tidak menimbulkan kerusakan maupun masalah dikemudian hari.


5 Bahan Alami Untuk Merawat Kebersihan dan Kesehatan Kuku

  1. Belimbing Wuluh
    belimbing wuluh
    Selain membersihkan, belimbing wuluh juga berguna untuk menguatkan kuku yang rapuh secara alami. Penggunaannya cukup belah menjadi dua bagian lalu oleskan ke seluruh bagian kuku. Diamkan beberapa saat agar khasiatnya meresap.
  2. Lidah Buaya
    lidah buaya
    Bahan alami yang satu ini berfungsi untuk membuat kuku tangan dan kuku kaki terlihat lebih bening dan bersih dalam waktu singkat. Gunakan daging daun lidah buaya untuk menutupi permukaan kuku selama 10 - 20 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.
  3. Jeruk lemon
    jeruk nipis
    Umumnya, seorang perokok memiliki kuku berwarna kuning karena nikotin yang menempel. Untuk menghilangkannya, gunakan air perasan jeruk lemon yang dicampur pasta gigi. Gosokkan ramuan tersebut secara merata lalu tunggu sampai mengering sebelum dibilas dengan air hangat.
  4. Bawang Putih
    manfaat bawang putih
    Fungsi utama bawang putih adalah membuat kuku tangan lebih kuat dan tidak mudah patah karena rapuh. Hancurkan sebutir bawang putih kemudian tempelkan ke permukaan kuku. Gosok perlahan lalu diamkan selama 20 menit sebelum dicuci dengan air dingin.
  5. Kunyit
    manfaat Kunyit
    Parutan kunyit berguna untuk menghilangkan bau tak sedap di kuku kaki secara alami dan cepat. Cara penggunaannya dengan menempelkan langsung atau tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Lakukan teratur agar bau hilang secara permanen.

Dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat, merawat kuku tangan dan kuku kaki ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kuku saat mandi karena cara ini sangat berguna dalam menghilangkan kotoran maupun kuman yang bersembunyi di sela-sela.

Please Share :