Resep Jitu Membuat Tubuh Sehat Dan Berisi

Membuat tubuh sehat dan berisi tidak hanya dengan makan sebanyak-banyaknya, karena tentunya kita ingin berat badan kita bertambah akibat massa otot yang makin padat, bukan akibat lemak tubuh yang meningkat.

cara membuat tubuh sehat berisi

Image courtesy of photostock / FreeDigitalPhotos.net


Menambah massa otot tidak dapat kita lakukan secara instan atau dalam waktu yang singkat, diperlukan waktu dan latihan beban teratur dan efektif, selain itu faktor makanan juga berperan penting dan harus diperhatikan.

Bagaimana Cara Membuat Tubuh Sehat dan Berisi?

  1. PROTEIN
    Menambah massa otot identik dengan makanan tinggi protein, padahal asupan protein yang berlebih dari kebutuhan tubuh, pada akhirnya akan dibuang. Untuk meningkatkan massa otot, dapat dilakukan dengan asupan protein sekitar 1,5 - 2 gram/kgBB/hari.

    Jumlah ini mudah dicapai dengan mengkonsumsi berbagai sumber protein seperti:
    daging rendah lemak (dada ayam tanpa kulit, daging cincang tanpa lemak, ikan), kacang-kacangan, tahu, tempe, keju, yogurt, telur, dan susu.

  2. LEMAK
    Asupan lemak sebaiknya tidak lebih dari 30-40 persen dari jumlah kalori total, dan usahakan memilih sumber asam lemak tak jenuh PUFA (misalnya : ikan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, dan minyak sayur) dan MUFA (misalnya minyak zaitun, minyak jagung, dan alpukat).

  3. KARBOHIDRAT
    Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh, oleh karena itu dibutuhkan setidaknya 6-8 gram/kgBB/harinya.

    Pilihlah jenis karbohidrat yang tinggi serat, seperti beras merah, gandum, sayur, dan buah. Untuk lebih mudah mengkonsumsi makanan, biasakan makan dalam jumlah kecil, namun sering. Dengan diet yang sehat dan latihan beban yang teratur, Anda pun bisa mendapatkan tubuh sehat berisi.

Membuat tubuh sehat berisi sangat dipengaruhi oleh niat dan pemilihan jenis makanan. Dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membentuk tubuh yang sehat.
2012-10-28
Aku Sehatku, Updated at: 20:20

Mari berbagi :

Jangan ragu untuk membagikan artikel yang baru anda baca di atas, karena informasi ini bisa jadi sangat berharga bagi mereka.

Ulasan lain yang banyak dicari :